Pertanyaan Akuntabilitas #1 Kelompok Kecil John Wesley

Akuntabilitas adalah suatu sistem di mana kita mengakui ketidakmampuan kita untuk secara mandiri bertumbuh dan menyatakan kebutuhan kita akan pertolongan orang lain. Dalam sistem ini kita membagikan pertanggungjawaban atas kondisi kehidupan kita kepada orang lain yang kemudian akan ikut mendukung, mungkin melalui dorongan, teguran, nasihat ataupun doa. Yang penting dalam sistem ini adalah adanya keterbukaan dan penerimaan satu sama lain. Di bawah ini ada beberapa pertanyaan yang dapat menolong anda saat berbagi dengan orang lain. Artikel ini saya ambil dari sini.

Pertanyaan-pertanyaan Kelompok Kecil John Wesley

  1. Apakah saya secara sadar atau tidak sadar membuat kesan bahwa saya lebih baik dari yang kelihatan? Dengan kata lain, apakah saya sedang berlaku munafik?
  2.  Apakah saya telah jujur dalam semua tindakan dan kata-kata saya, atau saya suka melebih-lebihkan?
  3. Apakah saya membagikan sesuatu kepada orang lain yang sebenarnya adalah suatu rahasia?
  4. Apakah saya kecanduan mode, teman, kerja atau kebiasaan tertentu?
  5. Apakah saya hidup terlalu memperhatikan diri sendiri, mengasihani diri sendiri, atau membenarkan diri sendiri?
  6. Apakah Alkitab telah hidup dalam kehidupan saya hari ini?
  7. Apakah saya memberi kesempatan pada Firman Tuhan untuk berbicara kepada saya setiap hari?
  8. Apakah saya menikmati waktu doa saya?
  9. Kapankah terakhir saya berbicara kepada seseorang tentang iman saya?
  10. Apakah saya telah mendoakan uang yang saya gunakan?
  11. Apakah saya tidur tepat waktu, dan juga bangun tepat waktu?
  12. Apakah adal hal di mana saya tidak taat kepada Allah?
  13. Apakah saya ngotot melakukan sesuatu yang sebenarnya mengganggu hati nurani saya?
  14. Apakah ada bagian hidup saya yang sedang kalah?
  15. Apakah saya cemburu, tidak kudus, mengkritik, mudah marah, mudah tersinggung, atau tidak percaya pada orang
  16. Bagaimana saya menghabiskan waktu luang saya
  17. Apakah saya sedang sombong?
  18. Apakah saya sering bersyukur kepada Allah karena saya lebih baik dari orang lain?
  19. Apakah ada orang yang saya takuti, tidak sukai, buang, kritik, kepahitan atau abaikan? Jika ada, apa yang akan saya lakukan?
  20. Apakah saya terus-menerus mengeluh dan mengomel?
  21. Apakah Kristus nyata dalam hidup saya?

Bagaimana dengan anda? Dalam hal apa anda perlu membereskan hal-hal di atas dengan Tuhan dan sesama?

Leave a comment