The Mind of Spirit – pikiran yang telah diperbaharui oleh Roh

Bagaimana cara kita hidup sangat dipengaruhi dengan kondisi pikiran kita – seperti yang telah dibagikan dalam pelayanan KawanTumbuh. Karenanya kita perlu bertanya, pikiran seperti apakah yang akan ditunjukkan oleh mereka yang telah mengalami pembaharuan oleh Roh Allah, ketika percaya kepada Yesus Kristus. Buku yang ditulis oleh Craig S. Keener ini menolong untuk melihat cara pandang Rasul Paulus terhadap pikiran yang telah mengalami perubahan. Berikut adalah daftar isi dan ringkasan dari buku tersebut.

51rRLYOIEzL._SX331_BO1,204,203,200_.jpg

Chapter 1  – The Corrupted Mind (Rom. 1:18–32).

Roma 1:28 Dan karena mereka tidak merasa perlu untuk mengakui Allah, maka Allah menyerahkan mereka kepada pikiran-pikiran yang terkutuk, sehingga mereka melakukan apa yang tidak pantas:

Pikiran Yang telah Rusak. Bagian ini membahas penggambaran Paulus tentang pikiran orng tidak percaya yang telah rusak dalam Roma 1: 18-32. Dalam bagian ini, pikiran orang tidak percaya yang konon bijaksana telah menjadi tunduk pada hasrat. Hasrat dipandang sebagai antitesis dari akal budi yang dikendalikan sendiri. Ketundukan akal budi terhadap hasrat merupakan hasil karena menolak pengenalan tentang Allah.

Chapter 2 – The Mind of Faith (Rom. 6:11).

Roma 6:11 Demikianlah hendaknya kamu memandangnya: bahwa kamu telah mati bagi dosa, tetapi kamu hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus.

Pikiran Iman. Bagian ini membahas cara berpikir yang baru di dalam Kristus seperti tertulis dalam Roma 6: 1-11: yaitu telah dibenarkan dengan Allah dalam pandanggan Allah melalui iman. Karenanya orang percaya sekarang diundang untuk membagikan cara pandang Allah melalui kesatuan dalam kematian Kristus (6:11).

Chapter 3 – The Mind of the Flesh (Rom. 7:22–26).

Roma 7:23, 26 tetapi di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budiku dan membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota-anggota tubuhku. … Jadi dengan akal budiku aku melayani hukum Allah, tetapi dengan tubuh insaniku aku melayani hukum dosa.

Pikiran Daging. Bagian ini meninjau kembali pikiran yang jatuh masih berdosa, namun bukan oleh mereka yang tidak percaya Allah. Pikiran agamawi yang telah mengenal tuntutan kesalehan Allah semakin dibuat frustrasi oleh keberadaan hasrat , karena ia tahu hal-hal yang salah namun tidak dapat membungkam dorongan untuk berdosa.

Chapter 4 – The Mind of the Spirit (Rom. 8:5–7).

Roma 8:5-6 Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh.
Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.

Pikiran Roh. Bagian ini membahas cara berpikir yang diberdayakan oleh Roh Allah sesuai Roma 8: 5-7. Orang-orang yang sudah dibenarkan dengan Allah digambarkan memiliki otivasi dan diberdayakan untuk melayani Tuhan oleh kehidupan internal Roh Allah.

Chapter 5 – A Renewed Mind (Rom. 12:1–3)

Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Pikiran yang Diperbaharui. Bagian ini menjelaskan pembaharuan pikiran sesuai dengan standar zaman yang akan datang, bukan jaman sekarang. Pikiran seperti itu membuat orang percaya mencurahkan hidup untuk melayani Tubuh Kristus

Chapter 6 – The Mind of Christ (1 Kor. 2:15–16).

1 Korintus 2:16 Sebab: “Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?” Tetapi kami memiliki pikiran Kristus.

Pikiran Kristus. Bagian ini mempertimbangkan pikiran Kristus dalam 1 Korintus 2:16 dan konteksnya. Hidup orang yang telah dewasa secara rohani, yang hidup bersama dengan Roh Kudus adalah contoh dari hikmat Allah sendiri, ketika mereka mendengarkan tuntunan Roh Kudus akan kehendak Kristus. Roh Kudus telah memberi kesempatan pada orang percaya untuk mencicipi realitas eskatologis dan pengalaman bersama Allah.

Chapter 7 – A Christlike Mind (Filipi 2:1–5; 3:19–21; 4:6–8).

Filipi 2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,

Filipi 3:20 Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat, yang akan mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga serupa dengan tubuh-Nya yang mulia, menurut kuasa-Nya yang dapat menaklukkan segala sesuatu kepada diri-Nya.

Filipi 4:8 Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

Pikiran serupa Kristus. Bagian ini meneliti beberapa tema kognitif dari surat Filipi: mereka yang melepaskan kekhawatiran mereka kepada Allah akan mengalami kedamaian (4: 6-8); Cara berpikir serupa Kristus melibatkan usaha melayani satu sama lain (2: 5); dan pikiran yang telah diperbaharui akan melihat hal-hal surgawi daripada duniawi (3: 19-20).

Chapter 8 – The Heavenly Mind (Kol. 3:1–2).

Kolose 3:1 Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.

Pikiran Surgawi. Bab 8 mengembangkan tema pikiran surgawi di Kolose 3: 1-2: sebuah fokus pada Kristus yang bertakhta yang mengubah bagaimana orang percaya hidup di bumi.

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s