Hidup sebagai sebuah Cerita

Hidup adalah sebuah cerita. Apa itu cerita? Cerita adalah serangkaian urut-urutan peristiwa. Hidup adalah serangkaian pengalaman, dan memiliki arti. Kalau hidup adalah sebuah cerita, bagaimana kita menyikapinya?

Tulisan di bawah ini merupakan adaptasi bebas dari buku To Be Told, Dan B. Allander.

Allah bukan saja Pencipta hidup, Ia juga Pengarang Hidup, dan Allah menulis setiap hidup orang untuk menyatakan kisah-Nya yang Ilahi. Tidak akan pernah ada hidup yang persis seperti saya – atau seperti anda. Seperti juga hanya satu wajah dan nama seperti saya, hanya ada satu kisah seperti saya. Dan Allah mennulis kisah hidup saya untuk memperkenalkan diri-Nya. Hal yang sama terjadi bagi anda. Hidup anda dan saya bukan saja menyetakan siapa saya, namun juga menolong memperlihatkan siapa Allah.

Karena itu, hidup bukanlah serangkaian peristiwa acak yang tertumpuk seperti sepatu di lemarinya. Kita tidak perlu mengeluarkan kisa yang lama untuk memberi tmpat bagi yang baru. Kisah anda dan saya memiliki karakter yang unik, perkembangan yang tak terduga, tema utama, situasi dan suasana yang menegangkan, serta arti yang dalam. Setiap kita memiliki kisah yang membangkitkan minat, dan merupakan cerita yang nyata. Kisah ini lebih nyata dari semua kisah yang kita tahu, dan setiap dari kita perlu menemukan apa arti yang telah Allah tuliskan sebagai kisah hidup kita. Dalam kisah kita, Allah memperlihatkan apa yang Ia kerjakan dan apa yang Ia inginkan dari kita.

Ketika kita mengakui bahwa Allah adalah Pengarang hidup, saya bisa terlibat untuk bekerja sama dengan-Nya. Saya tidak hanya mempelajari hidup saya, Allah memanggil saya untuk menjadi penulis masa depansaya. Ia meminta saya untuk bertanggung jawab akan hidup satu-satunya yang Ia berikan, dan membentuknya sesuai dengan gambaran yang Ia inginkan. Saya menuliskan hidup saya dengan maju terus dan beradaptasi sesuai dengan jalan cerita yang terbuka di hadapan saya.

Ketika kita hidup menuliskan cerita hidup kita bersama Allah, ada berkat dalam berbagi cerita dengan sesama. Ketika kita mengenal Allah dan keinginan-Nya, kita pun terlibat brsama-sama dengan orang lain yang juga melalui perjalanan yang sama. Allah, Pengarang Agung, membukakan diri-Nya dalam dunia dan memberikan kita Firman yang menceritakan Kisah-Nya. Dan Ia juga menuliskan kisah dalam setiap hidup kita untuk menjadi sebuah cerita yang perlu didengar oleh orang lain. Termasuk juga untuk mendengar cerita hidup orang lain – dan bersama- sama bertumbuh dalam pengenalan akan Allah dan kehendak-Nya.

Mari bersama-sama menjadi pencerita, yang memahami cerita Allah yang sejati, memahami cerita Allah dalam hidup kita, menuliskan cerita masa depan sesuai kehendak Allah, dan bersama-sama dengan orang lain saling berbagi cerita untuk menjadi berkat dan memuliakan Allah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s