Yesus Jalan Keutuhan dengan Allah

Masalah utama dan terbesar dalam dunia ini adalah keterasingan dan keterpisahan. Manusia memberontak pada Tuhan dan memilih jalannya sendiri. Pemberontakan manusia ini disebut dosa, yaitu kondisi tidak selaras dengan kehendak Allah. Cara kerja dosa adalah dengan menolak menundukkan diri pada Allah, melawan Allah, bahkan ingin menjadi Allah. Akibat dosa adalah maut/kematian kekal[1].

Karena dosa, manusia terasing dan terpisah dengan Allah dan sesama. Segala kejahatan dan dosa manusia mengakibatkan pemisahan dengan Allah[2]. Karena ada dosa, ada kelemahan, keterasingan dan kematian di dalam dunia, namun juga akan ada penghakiman yang menjadikan keterpisahan kekal – ada yang akan bersama Allah selamanya, dan akan ada yang tidak bersama Allah selama-lamanya[3].

Alkitab mengatakan bahwa kondisi keterasingan dan keterpisahan ini tidak bisa dijembatani dengan cara apapun! Bagaimana manusia dapat memperoleh keselamatan sehingga dapat kembali pada kepenuhan hidup yang memuliakan dan mencerminkan Tuhan? Manusia berusaha menjembatani keteterpisahan ini melalui perbuatan baik, moralitas, agama, dll, tetapi tidak ada yang cukup untuk membuatnya selamat serta kembali memuliakan & mencerminkan Tuhan. Manusia membutuhkan lebih dari itu. Manusia membutuhkan Penyelamat.

Masalah utama dan terbesar dalam dunia ini adalah keterasingan dan keterpisahan dengan Allah dan sesama, yang tidak bisa dijembatani dengan cara apapun!

Untuk itulah Allah mengirimkan Yesus untuk  menyelamatkan manusia. Allah telah menjembatani jurang pemisah antara manusia dengan diri-Nya melalui penebusan Yesus Kristus, Allah yang menjadi manusia[4]. Yesus melakukannya bahkan ketika tidak ada jaminan bahwa orang akan mengakui-Nya sebagai Allah. Namun karena kasih-Nya, Yesus melakukannya terlebih dahulu bagi kita semua yang berdosa. Ia telah menerima kita, bahkan ketika kita masih berdosa[5]. Prakarsa penebusan datang dari Allah, dilaksanakan oleh Yesus, diberikan dengan cuma-cuma, dan tinggal diterima dan dinikmati oleh orang yang percaya pada-Nya[6]. Semua masalah manusia yang terutama dan terbesar telah diselesaikan oleh Yesus lewat pengorbanan-Nya di kayu salib[7].

Agar kita bisa menikmati hasil dari pekerjaan Yesus, kita perlu Menerima dan Mengaku percaya. Penebusan Yesus telah membereskan segala masalah manusia. Kita perlu percaya dan menerimanya agar bisa mengalami dan menikmatinya dalam hidup. Dan saat percaya, kita telah menerima semua yang dijanjikan-Nya untuk selama-lamanya. Kita perlu menanggapi kasih Allah dengan cara menerima Tuhan Yesus Kristus dalam suatu perjumpaan yang bersifat pribadi[8]. – Bagaimana kita menerima-Nya? Kita perlu percaya dan mengaku bahwa kita menerima Yesus dan segalanya tentang Yesus dan pekerjaan-Nya dalam hidup kita – termasuk di dalamnya pertobatan dari segala yang tidak benar di dalam hidup kita[9]. Saat kita percaya dan menerima Yesus, saat itu juga kita mengalami segala sesuatu yang telah dijanjikan dan dipersiapkan bagi orang yang percaya pada-Nya[10].

Penebusan Yesus telah membereskan segala masalah manusia. Kita perlu percaya dan menerimanya agar bisa mengalami dan menikmatinya dalam hidup. Dan saat percaya, kita telah menerima semua yang dijanjikan-Nya untuk selama-lamanya.

Satu-satunya cara agar kita bisa menikmati keutuhan hidup seperti yang sudah dirnncangkan Allah sejak awal mula adalah dengan mempercayai Yesus Kristus, yang telah dikirm ke dunia sebagai Jususelamat manusia dan telah mati di kayu salib untuk menanggungdosa-dosa manusia, dan bangkit pula untuk menyatakan kemenangannya atas segala masalah yang ada dalam alam ciptaan. Keutuhan dalam hidup hanya dimiliki oleh mereka yang mendasarkan dirinya pada Kristus. Kristus yang telah hidup sebagai manusia dan melakukan pekerjaan-Nya di kayu salib. Kristus yang telah menumpahkan darah-Nya bagi manusia. Kristus yang telah hadir sebagai juruselamat kita.

 
[1] Rom 3:23;Rom 6:23
[2] Yes 59:1-2
[3] Ibr 9:27
[4] Yoh 3:16
[5] Rom 5:8
[6] Efe 2:8 –
[7] Yoh 19:28-30 –
[8] Yoh 1:12 –
[9] Rom 10:9-10
[10] Yoh 5:24 –

Advertisements

3 Replies to “Yesus Jalan Keutuhan dengan Allah”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s