Klik dan sebarkan…

Dengan berkembangnya media sosial dan teknologi yang menyertainya, menjadi sebuah kemudahan bagi berita atau informasi untuk menyebar dan menjadi viral. Permasalahannya kita juga tidak atau kurang memiliki keterampilan untuk menyaring ataupun memastikan apakah informasi itu akurat atau tidak. Apalagi untuk sesuatu yang bersifat sensitif, kontroversial ataupun menyangkut nama baik pihak-pihak tertentu. Padahal untuk menyebarkannya hanya dibutuhkan beberapa klik saja. Beberapa pertanyaan yang perlu direnungkan sebelum menyebarkan adalah:
1. Apakah saya bisa mengetahui keakuratan info yang akan saya sebarkan? Minimal, apakah saya telah melakukan cek dan ricek kepada beberapa sumber berbeda?
2. Apakah saya sadar dampak info yang saya sebarkan bagi orang yang menerimanya? Apakah saya memiliki kesadaran hal yang saya sebarkan tersebut bisa menyakiti/mengganggu orang atau sekelompok orang yang berbeda dengan saya?
3. Jika kemudian ternyata apa yang saya sebarkan tidak akurat, ataupun menyinggung orang lain, apakah saya juga siap bertanggung jawab dengan apa yang telah saya lakukan?

Leave a Reply

