Paradigma: Membuat hidup lebih hidup

“Paradigma Anda begitu intrinsik untuk proses mental Anda sehingga Anda tidak menyadari keberadaannya, sampai Anda mencoba untuk berkomunikasi dengan seseorang dengan paradigma yang berbeda.” – Donella Meadows

Kita mungkin tidak menyadari bahwa kita memiliki model dan peta yang kita ijinkan untuk mengarahkan hidup – tetapi hal itu ada secara tetap bersama kita. Serangkaian pertanyaan yang perlu kita tanyakan adalah:

  • Apa yang menjadi paradigma hidup saya?
  • Jika hidup adalah perjalanan, bagaimana cara berjalan?
  • Jika perjalanan membutuhkan tujuan, apakah paradigma hidup saya ¬†menolong saya menjadi maksimal mencapai tujuan tersebut?

Paradigma adalah rencana dasar tentang bagaimana cara melalui hidup ini ke arah yang telah dipilih. Paradigma menentukan bagaimana kita menjalani hidup ini: dengan sesuatu yang membuat bermakna, ataupun membuat sesuatu yang hanya biasa-biasa atau bahkan membosankan dan membuat menderita. Paradigma tertentu bisa membuka hamparan luas peluang dan eksplorasi; paradigma lain benar-benar kering, dan hidup menjadi seperti sebuah gurun.

Paradigma menetapkan tujuan kita. Paradigma terlibat dalam membentuk identitas diri. Paradigma bisa menjadi sebuah kepercayaan kita dalam arti terdalam yaitu – sistem dan penyebab kita mengambil komitmen, sikap, keyakinan, dan praktik. Adalah tugas kita untuk menentukan paradigma seperti apa yang akan dihidupi.

Banyak orang yang telah diindoktrinisasi dalam sebuah sistem paradigma, tanpa menyadarinya. Akibatnya mereka melalui hidup tanpa ada vitalitas dan sukacita, dan juga tidak menyadari adanya pilihan untuk hidup lebih bermakna. Semua itu terjadi ketika kita memahami apa yang menjadi paradigma hidup dan menentukan apa yang sesungguhnya membuat hidup kita menjadi hidup.

Sudahkah anda memahami dan menentukan apa yang menjadi paradigma hidup anda? Sudahkah anda hidup dalam paradigma yang dengan sengaja anda pilih?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s