Iman dan Kinerja: #2 Bagaimana Meningkatkan Kinerja berdasarkan Iman

potter at work

 

Dibutuhkan prinsip-prinsip mendasar yang akan menolong seseorang meningkatkan kinerja berdasarkan iman yang benar

Sejak kejatuhan dalam dosa, relasi menjadi rusak dengan Allah dan sesama, dan juga dengan alam ciptaan/lingkungan. Demikian juga pekerjaan dan kehidupan manusia menjadi semakin berat, sulit untuk membuat manusia merasa sejahtera, bahkan pekerjaan menjadi sesuatu yang mengganggu relasi dan persekutuan, baik dengan Allah dan sesama. Untuk itu, agar kita mendapatkan hasil maksimal, perlu memiliki prinsip-prinsip dan keterampilan hidup yang holistik.

Hidup kita merupakan bagian dari pekerjaan Allah yang sedang menebus dunia ini

19 Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia, 20 dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus. (Col 1:19-20 ITB)

Hidup kita perlu mencerminkan pertumbuhan yang holistik

40 Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya. (Luk 2:40 ITB)… 52 Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia. (Luk 2:52 ITB)

Menghitung kinerja secara holistik (memiliki nilai tambah)

  1. Visi ilahi – apakah yang kita lakukan memberi dampak berkelanjutan pada generasi yang akan datang dan kekekalan, ataukah sekedar menghabiskan waktu selama kita hidup di bumi saja?
  2. Komunitas – apakah yang kita lakukan membuat hubungan kita semakin baik, terutama dengan orang-orang yang dekat dan penting di sekitar kita?
  3. Fisik/Materi – apakah yang kita lakukan meningkatkan kekayaan bersih (equitas) dibanding dengan gaya hidup, baik secara fisik & materi, dan menjadi berkat bagi diri sendiri dan sesama?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s