Luka Hati & Dampaknya: Pemahaman Dasar

Bagaimanakah sifat luka secara fisik? Luka adalah sesuatu yang merobek bagian tubuh, dan membawa rasa sakit dan pedih. Kesembuhan dari luka membutuhkan waktu, dan jika tidak ditangani dengan baik masih memiliki dampak. Misalnya masih meninggalkan bekas luka yang terlihat, atau masih membawa rasa sakit sekali-sekali. Karenanya luka perlu mendapat perawatan dengan hati-hati, karena bisa membawa masalah yang lebih besar. Misalnya luka yang tidak terobati dengan benar akan mengalami infeksi. Ketika terjadi infeksi, maka luka itu akan membusuk, dan infeksi ini dapat menyebar semakin besar. Infeksi pada bagian tubuh yang parah mungkin akan mengakibatkan bagian tubuh tersebut harus diamputasi, agar tidak merusak bagian tubuh yang lain. Bahkan, dalam beberapa kasus, infeksi dapat mengakibatkan kematian.

Keberadaan luka bukan saja mengancam tubuh kita, namun juga mempengaruhi bagaimana kita hidup. Luka yang terdapat di bagian tubuh tertentu dapat mempengaruhi bagaimana kita berjalan, makan atau fungsi-fungsi lainnya. Dan rasa sakit yang terus menerus pun akan mengganggu kehidupan kita.

Sama seperti tubuh yang bisa mengalami cedera, bagian jiwa dan rohani kita pun bisa tergores dan terluka. Dan sama seperti luka tubuh, luka hati pun membutuhkan waktu penyembuhan dan juga perlu ditangani dengan perhatian khusus, jika tidak luka ini bisa berbekas atau mempengaruhi bagian hidup kita yang lain. Luka dalam hati seseorang tidak langsung terlihat, namun dampaknya justru bisa berjangka panjang dan mempengaruhi seluruh aspek hidupnya.

Luka hati atau luka batin adalah kondisi kejiwaan dan rohani yang tidak sehat, yang disebabkan pengalaman menyakitkan atau traumatis yang tidak terselesaikan dengan benar

Beberapa contoh di alkitab yang menggambarkan luka secara hati dan roh adalah:

  • “Minyak dan wangi-wangian menyukakan hati, tetapi penderitaan merobek jiwa” (Ams 27:9b)
  • “Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka” (Mzm 147:3)
  • “tenangkanlah rohku, buatlah aku sehat, buatlah aku sembuh!” (Yes 38:16)

Sumber-sumber luka hati

  • Isaiah 61:1-2  … orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara, …orang berkabung,
  • Luke 4:18-19  … orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku  untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, …

Ada 2 bentuk luka hati, yaitu terjadi secara aktif atau secara pasif.

  • Secara aktif dalam bentuk kesengsaraan – yaitu ketika seseorang mengalami sesuatu penderitaan yang tidak layak dialami, misalnya mengalami kekerasan, pelecehan atau kecelakaan, dll.
  • Secara pasif, dalam bentuk kemiskinan  –  yaitu ketika seseorang tidak mendapatkan sesuatu yang selayaknya dimiliki, misalnya tidak mendapatkan perhatian, tidak mendapatkan teladan dll.

Dari Yesaya dan Lukas di atas, ketika seseorang mendapatkan luka hati, ia akan mengalami perasaan dan kondisi seperti ini:

  • Hancur hati
  • Tertawan & Terkurung – terikat
  • Buta – tidak sadar/tertipu
  • Tertindas

Apa saja yang menjadi sumber luka hati? Secara umum orang bisa terluka karena ada peristiwa atau pengalaman yang terjadi pada sekelompok orang bersama-sama. Namun juga ada pengalaman yang secara khusus terjadi pada orang-orang tertentu saja.

  • Penderitaan – semua bentuk kesusahan dan kesengsaraan dapat mengakibatkan luka. Con: kemiskinan, sakit penyakit dll.
  • Bencana/Malapetaka – bentuk kerusakan & kehilangan yang terjadi dengan tiba-tibaYang dirasakan: ketakutan, kehilangan & dukacita
  • Penolakan – ketika seseorang tidak diterima dan dikasihi tanpa syarat oleh orang yang seharusnya mengasihi
  • Pengabaian – ketika seseorang tidak mendapatkan pengasuhan yang positif
  • Pelecehan – ketika seseorang direndahkan martabatnya secara komunikasi, fisik, emosi dan seksual

Artikel terkait:

One thought on “Luka Hati & Dampaknya: Pemahaman Dasar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s