Komunitas KawanTumbuh – kawantumbuh.com

Komunitas Kawantumbuh adalah sekelompok orang yang berniat untuk bertumbuh bersama, dengan cara membangun kebiasaan baik, memperlengkapi dengan keterampilan hidup, dan mengalami perubahan cara pandang lewat kasih karunia Allah. Kami rindu untuk berbagi & bertumbuh bersama, karena kami percaya bahwa pertumbuhan yang sejati terjadi dalam komunitas – sekecil apapun komunitas itu. Satu hal yang ingin bagikan bersama adalah Cerita Hidup, karena kami melihat bahwa orang-orang hidup dengan membawa cerita mereka masing-masing, menceritakan cerita itu pada diri sendiri dan orang di sekitar, serta mendapatkan berbagai macam cerita dari sekeliling mereka. Disadari atau tidak, cerita mempengaruhi hidup orang – bahkan bisa ikut menentukan masa depan seseorang. Untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut, kunjungi kawantumbuh.com

Sebuah model pembelajaran yang sedang dikembangkan mencoba menjawab pertanyaan ini. Dalam model ini kita menyediakan ruang, waktu, hati dan tenaga untuk bertumbuh bersama-sama dengan cara melibatkan Tuhan dan sesama dalam proses itu. Cerita menjadi keterampilan utama yang perlu dimiliki, yang dilakukan dalam tiga tahap:

  • Tuhan bercerita, dan kita belajar memahaminya. Banyak orang yang memandang Firman Tuhan sebagai serangkaian perintah yang harus dikerjakan dan aturan untuk ditaati. Namun sebenarnya Firman Tuhan adalah serangkaian Cerita tentang Tuhan, yang Ia bagikan agar manusia dapat memahami Rencana & Kehendak-Nya – history is HIS story. Bagian kita adalah memahami Cerita itu dan mengijinkan-Nya mengubah hidup kita.
  • Kita saling bercerita dan membagikan hidup berdasarkan tanggapan kita akan Firman yang baru dipelajari. Banyak dari kita sudah terbiasa untuk berbagi, bercerita dan bersaksi. Disini, kita mengijinkan Roh Kudus dan Firman membangkitkan apa yang perlu kita bagikan pada komunitas.Cerita yang kita bagikan akan menolong kita untuk saling memahami, baik orang lain maupun diri sendiri, dan mengeratkan komunitas.
  • Kita merumuskan kebutuhan apa yang muncul saat belajar Firman dan berbagi cerita, dan menceritakannya pada Tuhan lewat doa permohonan dan syukur. Kebutuhan itu bisa berupa pemulihan dari hal-hal di masa lampau, ataupun perubahan hidup untuk masa-masa mendatang. Kita rindu agar kebutuhan yang diutarakan dalam komunitas itu akan dijawab Tuhan dalam cara & waktu-Nya – yang akan menjadi Cerita Hidup yang baru yang memuliakan Tuhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s