Memahami Evaluasi Kinerja (Performance Evaluation)

Dalam artikel Memahami Manajemen Kinerja, kita telah belajar pentingnya umpan balik bagi sebuah organisasi kerja ataupun organisasi pembelajaran. Feedback didefinisikan sebagai “informasi tentang hasil usaha”, yang perlu diukur dan kemudian ditindaklanjuti agar dapat memberikan pengaruh yang positif untuk meningkatkan kinerja organisasi. Karenanya penting bagi kita untuk dapat mengukur feedback, yaitu mengukur sejauh mana keberhasilan sebuah usaha dibandingkan dengan tujuan yang ditetapkan semula. Salah satu alat yang digunakan untuk mengukur dalam organisasi kerja adalah evaluasi kinerja (performance evaluation atau performance appraisal).

Evaluasi kinerja adalah suatu proses yang bersifat sistemik dan berlangsung secara periodik untuk mengukur kinerja dan produktifitas pekerja dalam hubungannya dengan tujuan organisasi dan kriteria kerja yang telah ditetapkan sebelumnya, termasuk dalamnya adalah pengukuran tingkah laku dalam organisasi, keberhasilan, potensi untuk pengembangan berikutnya, kekuatan dan kelemahan dll. Evaluasi ini didapatkan dalam kurun waktu tertentu, yang terdiri dari tiga bentuk:

  1. Data Obyektif, biasanya berupa data langsung tentang produktivitas seseorang, yang terlihat misalnya dalam jumlah penjualan, hasil produksi dll. Data yang didapatkan biasanya bersifat kuantitif, dan sering dianggap memberikan gambaran yang belum lengkap tentang kinerja dan produktifitas pekerja.
  2. Data Personalia, yang mencatat peristiwa yang berhubungan dengan pekerja tersebut di tempat kerja, misalnya absensi, kecelakaan kerja, ataupun peristiwa lainnya
  3. Data Penilaian, dimana ada orang-orang tertentu yang akan memberikan penilaian tentang kinerja dan produktifitas seorang pekerja.

Terkait Data Penilaian ada pribadi-pribadi tertentu yang bisa memberikan penilaian terhadap seorang pekerja, yaitu:

  1. Atasan langsung
  2. Bawahan langsung
  3. Sesama pekerja (peer review) yang merupakan penilaian dari sejawat yang langsung berinteraksi sehari-hari
  4. Penilaian sendiri (self review)
  5. Stakeholder lain: pelanggan, supplier dll.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s