Hubungan: Kunci melakukan perubahan dan pembelajaran yang efektif

Ada saat-saat di mana perubahan adalah sesuatu yang harus terjadi, ketika konsekuensi tidak berubah merupakan sesuatu yang dapat merusak kehidupan kita. Misalnya orang yang sedang mengalami sakit tertentu, dan harus mengubah gaya hidupnya. Atau keluarga yang sedang mengalami konflik dan krisis, dan membutuhkan perubahan yang radikal sebelum krisis itu dapat diselesaikan. Beberapa orang dapat mengalami perubahan – misalnya seorang perokok yang berhenti merokok karena mengalami sakit paru-paru. Namun ada banyak lagi orang yang merasa kesulitan untuk berubah, bahkan ketika pilihannya adalah berubah atau mati. Dalam buku Change or Die, Alan Deustschman membagikan data  tentang pasien penyakit jantung yang diperintahkan untuk mengubah gaya hidup atau mereka akan mengalami penderitaan berat, bahkan kematian. Ternyata dalam 2 tahun, 90% pasien yang disurvey tidak membuat perubahan dalam gaya hidup mereka. Mengapa?

Change or Die: The Three Keys to Change at Work and in LifeSatu kunci yang dilihat Alan tentang pengelolaan perubahan adalah kebutuhan kita yang besar akan hubungan. Beberapa orang sering dianggap tidak mau atau tidak bisa berubah.  Namun sering yang terjadi adalah bukan saja mereka tidak tahu bagaimana berubah, mereka juga tidak mempercayai bahwa ada orang di sekitar yang dapat menolong mereka untuk berubah. Mungkin ada orang tertentu yang mendorong, mengajar bahkan memaksa untuk berubah. Namun jika hubungan yang mendukung perubahan tidak terbangun, maka orang tersebut juga akan sulit untuk berubah.

Pada dasarnya manusia adalah makhluk pembelajar dan memiliki kemampuan adaptasi yang luar biasa. Sejak dilahirkan, manusia memiliki motivasi yang besar untuk belajar, dan tidak berhenti untuk berubah. Namun ketika sebuah kebiasaan terbentuk, kita mengalami kesulitan untuk mengubah kebiasaan itu dan membentuk kebiasaan yang baru. Yang sering terjadi adalah kita berada bersama orang-orang yang tidak tahu bagaimana mendukung kita untuk berubah. Perubahan dan pembelajaran membutuhkan suasana yang saling mempercayai dan memberikan rasa aman untuk bertumbuh. Namun sering yang kita terima adalah tuntutan, penghakiman atau pelecehan akan kemampuan kita berubah. Atau ketika ada yang memberikan dorongan untuk berubah, hal tersebut dilakukan dengan cara yang mendominasi atau memanipulasi. Yang diberikan adalah fakta dan logika, kekuatan yang keras, atau menakutkan atau bahkan mempermalukan dan membangkitkan rasa bersalah. Harapannya agar orang mau dan dapat berubah. Namun sering perubahan pun tidak terjadi.

Untuk itu kita perlu membangun hubungan emosional dengan seseorang atau komunitas yang memberi inspirasi dan memelihara harapan perubahan. Jika anda berada dalam situasi yang kita pikir tanpa harapan, anda membutuhkan bantuan orang-orang yang dapat mengembalikan pengharapan itu bagi anda – untuk menolong anda percaya bahwa anda mau dan bisa berubah. Inilah yang perlu dibangun oleh pemimpin komunitas, baik sebagai mitra, mentor, teladan ataupun nara sumber perubahan. Bagaimana caranya?

  • Kita mulai dengan membangun sebuah komunitas atau hubungan yang membangkitkan rasa percaya dan rasa aman
  • Berikan inspirasi dan kepercayaan bahwa perubahan adalah hal yang mungkin dan dapat dilakukan, dan akan membawa sejahtera
  • Buat atmosfir yang meningkatkan motivasi dan keinginan untuk berubah. Berikan kesempatan pada orang untuk menunjukkan kreativitas dan kemampuan, untuk merasa berhasil dan dihormati.
  • Buat struktur yang menolong orang untuk berubah pada tujuan yang diinginkan. Jangan hanya diberitahu, namun buat struktur yang dapat memberikan keberhasilan kecil dalam waktu singkat. Dampingi mereka saat melakukan perubahan kecil tersebut dan jadikan modal untuk mendorong orang mengambil perubahan yang lebih besar.
  • Pastikan bahwa setiap orang yang terlibat mau belajar bersama, baik dari keberhasilan maupun kegagalan.
  • Rayakan setiap keberhasilan, dan beri kesempatan untuk merenungkan dan mengevaluasi kemajuan.

Kita ingin berubah dan membutuhkan perubahan. Namun perubahan membutuhkan suasana pembelajaran dan rasa percaya yang tinggi. Apakah anda berada dalam situasi seperti itu? Apakah anda berada dalam komunitas yang menolong anda untuk mengalami perubahan? Apakah anda memiliki orang-orang di sekitar yang mendukung anda untuk mengalami perubahan dengan cara yang membawa sejahtera? Apakah anda sedang mendukung orang lain untuk berubah dengan cara yang membawa sejahtera?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s