Mendengarkan Allah: Memahami dan Mengalami bahwa Allah berbicara pada kita

 

Mungkinkan Allah berbicara?

Allah berkomunikasi melalui hal-hal yang mengubah perhatian kita kepada Allah. Komunikasi ini dapat menjadi pengingat lembut akan kehadirannya yang penuh kasih atau konfrontasi luar biasa yang dapat mengguncang dasar-dasar hidup kita. Komunikasi dengan Allah akan  membuat kita berpikir tentang hal-hal yang terpenting, menyentuh perasaan kita yang terdalam, membuat hidup berkesan bagi kita, dan menyebabkan kita melihat segala sesuatu dengan cara baru.

Mari kita coba uraikan beberapa cara Allah berbicara:

  • Allah dapat berbicara melalui sesuatu yang kita baca, khususnya pasal tulisan suci. Kata-kata menangkap perhatian kita dan menerapkannya pada keadaan kita sekarang akan menjadikannya jelas.
  • Allah berbicara melalui pengetahuan yang dimulai dari pemahaman yang meningkat tentang tujuan penciptaan, makna sejarah, dan tempat kita dalam gambar besar rancangan Allah. Semakin kita mampu mengumpulkan potongan-potongan puzzle ini, kita akan semakin memiliki apresiasi besar tentang bagaimana besarnya Allah.
  • Allah berbicara melalui orang lain. Seseorang mengatakan sesuatu hal yang mengarahkan kita kepada Allah dan sangat relevan dengan pertumbuhan kita dalam iman.
  • Kita mungkin memiliki wawasan yang tiba-tiba. Mungkin kita  tidak sadar sedang mencari Tuhan, tetapi kita tahu bahwa kita telah diberi karunia ilahi kebijaksanaan atau pesan penyataan tertentu.
  • Kadang-kadang komunikasi Allah bukanlah dalam bentuk verbal kata-kata, namun kita bisa merasakan kehadiran Allah. Allah membiarkan kita tahu, “Saya di sini.” Entah bagaimana kita tahu bahwa kita tidak sendirian. 
  • Kita mungkin mengalami realitas dari kasih Allah ketika kita dikelilingi oleh teman-teman Kristen di saat yang dibutuhkan.
  • Ketika kita merasa ditarik ke “alam lain” sambil mendengarkan musik atau mencari sebuah karya seni, Allah dapat mengajak kita ke dalam kesadaran yang lebih lengkap dari kehadiran-Nya.
  • Rasa kepuasan yang datang sewaktu kita melayani orang lain atau bekerja untuk keadilan adalah cara lain Allah berkomunikasi.
  • Kita mungkin melihat ke dalam wajah seseorang dan melihat Allah yang terungkap dalam rupa “yang paling hina ini.”

Bagaimana kita tahu bahwa itu adalah Allah?

Ada banyak sumber berbicara dalam batin kita. Mereka bisa datang dari Tuhan, dari kemanusiaan kita (pikiran, jiwa, emosi), atau dari si jahat. Jadi, bagaimana kita tahu sumbernya? Dalam hikmat, ada beberapa pertanyaan yang membantu dan ayat-ayat kitab suci untuk dipertimbangkan:

Apakah apa yang Anda dengar konsisten dengan hidup, ajaran, dan ketuhanan Yesus?

Ayat-ayat Alkitab: I Korintus 12:1-3; I Yohanes 3-5

 

  • Yang benar-benar dari Allah memimpin kepada iman meningkat pada Yesus sebagai Tuhan (otoritas tertinggi) dan menghormati Yesus.
  • Komunikasi Allah menegaskan bahwa Tuhan memegang kendali dan kita tidak.
  • Komunikasi Allah meyakinkan kita akan kasih Allah dan membantu kita mengatasi rasa takut.
  • Yesus datang “dalam daging.” Dia tidak lepas dari penderitaan, kita juga tidak. Berhati-hati dari setiap pesan yang tampaknya seperti formula untuk kesehatan, kekayaan, dan kesuksesan. Allah selalu bekerja untuk kebaikan kita, dan terkadang Tuhan bekerja untuk kebaikan kita melalui penderitaan.

Apakah apa yang Anda dengar membawa anda untuk mencintai dan membangun gereja?

Ayat Alkitab: I Korintus 13 & 14

  • “Karunia Roh” Allah diberikan untuk kebaikan bersama.
  • Kasih, kemauan untuk memberikan diri untuk kebaikan orang lain, adalah demonstrasi terbesar dari pekerjaan Roh Allah.
  • Setiap pesan dari Tuhan akan membantu gereja bertumbuh dalam kasih dan misi.

Apa hasil dalam hidup Anda?

Ayat Alkitab: Galatia 5:22-23

  • Yang benar-benar dari Allah menambah iman kita, harapan, dan kasih.
  • Yang benar-benar Allah membantu kita bertumbuh di dalam Kristus-seperti kualitas.
  • Perasaan kedamaian batin, bukan gangguan batin, adalah hasil dari pekerjaan Roh Kudus dalam hidup kita.

Jika kita benar-benar mencari kehendak Allah, kita akan dipimpin oleh Roh Allah. Kita harus berhikmat, tapi tidak cemas. 

Yesus berjanji,

Jadi, Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka kalian akan diberi; carilah, maka kalian akan mendapat; ketuklah, maka pintu akan dibukakan untukmu.  Karena orang yang minta akan menerima; orang yang mencari akan mendapat, dan orang yang mengetuk, akan dibukakan pintu.  (Lukas 11:9-13 BIS)

 

2 thoughts on “Mendengarkan Allah: Memahami dan Mengalami bahwa Allah berbicara pada kita

  1. Dear Abanganda

    Saya membaca artikel anda dan saya sangat suka dengan anda tuliskan. Kita juga harus memahami bahwa kita adalah manusia biasa yang tidak terlepas dari dosa. Hanya dengan NamaNya kita dapat dipulihkan dari Dosa. Pada Judul diatas dikatakan MENDENGARKAN ALLAH : MEMAHAMI DAN MENDENGARKAN BAHWA ALLAH BERBICARA KEPADA KITA. harus dengan banyak proses dan rintangan. Banyak Manusia ingin mencari Allah dalam hidupnya, tetapi tidak sukses karena masih memikirkan hidup dalam kedagingan. Pada saat saat yang tersulitlah Manusia selalu ingin berserah diri kepada Allah, Pada waktu senang …. akan lupa akan Kebesarannya…:) .
    Roma 5 : 3 – 5
    Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. Dan pengharapan tidak mengecewakan.

    Untuk memahami dan mendengarkan Allah berbicara, saya akan membagi beberapa tips yang mungkin akan berguna untuk membangun Kepercayaan anda Pada Allah….🙂 Jika Berkenan di Hati anda..
    Pertama anda Harus melakukan Pengakuan Dosa Lebih baik anda Ucapkan semua yang anda ingat selama ini, Karena apapun doa anda Kepada Allah, Allah tidak akan menerimanya. Doa anda hanya sampai diawan awan, dan mungkin di tangkap Iblis di angkasa …:) dan dipakai untuk menggoda anda…..
    Carilah Media atau Hamba Allah yang mempunyai karunia didalamnya, minta doakan pengampunan dosa melalui media tersebut, sehingga pengelihatan pengelihatan yang ada pada media tersebut dapat menunjukkan jalan kepada anda, apakah anda mempunyai Banyak dosa yang tidak anda ketahui seperti Dosa nenek moyang, atau anda menyimpan kuasa-kuasa gelap didalam tubuh anda.
    Berpuasalah anda sehingga anda dapat menyucikan jiwa dan Raga anda. Berpuasa harus bersih dari pikiran pikiran Negatif, Pada saat berpuasa usahakan anda dalam keadaan tenang, Dengarkanlah Lagu lagu Rohani, Berdoa, dan Membaca Firman tuhan. Anda harus tahu, Mata adalah Jendela Hati, Jika Mata anda gelap, maka Jiwa anda Gelap. Jika mata anda terang, Maka jiwa anda terang. Jika dalam puasa anda berjalan jalan, dan anda melihat seorang wanita Berpakaian minim, …:) , kemudian pikiran anda menerawang dan hati anda berkata (MAAF), warna apa dibalik tersebut?. Maka anda haruskan membatalkan puasa anda. karena Jiwa anda tidak bersih dalam berpuasa.:). Karena itulah Yesus kristus Berpuasa di atas bukit. Untuk menjernihkan Jiwa dan Raga.
    Setelah anda selesaikan Nazar anda (Puasa), mintalah media atau Hamba Allah untuk melakukan Pelepasan kembali, yaitu pelepasan akan kuasa gelap dalam tubuh anda, dan juga pelepasan akan kuasa-kuasa lain dalam tubuh anda yang sengaja atau tidak sengaja anda undang.
    Doa anda akan sampai ke Allah anda, anda dapat meminta apa saja kepadanya, Pengetahuan, Karunia, Kekayaan, Hidup damai,rRoh Kudus, malaikat untuk menjaga anda, dan anda akan dapat BERBICARA DENGAN ALLAH ANDA………………………………… Kita adalah Manusia Biasa, jangan harapkan jatuh kedalam dosa. Maka ……. anda harus rajin berdoa, Baca Firman, Menyanyikan lagu-lagu Pujian, semua yang diinginkan Allah kepada anda. Maka anda dapat MENDENGARKAN ALLAH : MEMAHAMI DAN ALLAH BERBICARA KEPADA KITA…………………..TUHAN MEMBERKATI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s