Tuhan, gembala yang baik, melakukan yang terbaik bagi kita

Yang hilang akan Kucari, yang sesat akan Kubawa pulang, yang luka akan Kubalut, yang sakit akan Kuobati; tetapi yang gemuk dan kuat akan Kubinasakan, sebab Aku gembala yang melakukan apa yang baik. (Yehezkiel 34:16)

Tuhan sudah melakukan segala hal yang kita butuhkan untuk mengalami hidup yangberkualitas. Ada banyak peran yang Tuhan gunakan untuk menggambarkan apa yang sudah Ia lakukan, dan dalam bagian ini Tuhan menggunakan gambaran sebagai seorang gembala. Dan bukan sekedar gembala, Tuhan adalah gembala yang baik. Sebagai gembala yang baik, Tuhan bekerja keras untuk keuntungan domba-domba-Nya. Ia mencari domba yang hilang, dan jika domba itu sesat jalan, maka Tuhan pun akan bekerja keras untuk membawanya kembali. Domba-domba yang terluka dan sakit juga akan mengalami sentuhan kasih dari Gembala Agung.

Saya sering meragukan kasih Tuhan. Saya tidak meragukan kemampuan-Nya untuk menolong saya, namun sering saya mempertanyakan apakah Ia mau turun tangan mengeluarkan saya dari masalah. Saya sedang belajar untuk mempercayai jaminan pertolongan Tuhan, walaupun waktu dan cara-Nya tidak seperti yang saya harapkan. Karena Ia tahu yang terbaik buat saya.

Saya juga belajar bahwa sebagai domba, saya pun memiliki bagian saya sendiri dalam hidup ini. Tuhan sudah mempersiapkan dan melakukan yang terbaik buat saya, namun saya juga perlu memberikan tanggapan yang benar dan baik. Domba yang gemuk dan kuat pada ayat di atas adalah domba yang menindas domba lainnya, dan merasa memiliki kemampuan untuk mengurus diri sendiri. Namun domba seperti itu justru akan mengalami penindasan dari Tuhan. Tujuannya jelas untuk menyadarkan kebutuhan domba akan Tuhan dan sesamanya.

Bagaimana dengan anda? Apakah hari-hari ini anda sedang bergumul dengan masalah anda? Apakah anda bergumul untuk mempercayai bahwa Tuhan baik dan melakukan semua yang terbaik buat umat-Nya? Percayalah bahwa Tuhan yang baik tahu yang terbaik buat kita. Datang kepada-Nya sebagai domba yang membutuhkan gembala. Berdoa, renungkan kebenaran Firman-Nya. Nikmati kebaikan-Nya.

Leave a Reply

