5 Kesalahan fatal dalam sebuah presentasi

Apakah anda terbiasa untuk membagikan presentasi? Atau anda sedang belajar memberikan presentasi? Artikel berikut merupakan hasil survey dari peserta seminar yang diminta untuk memberi nilai dari presentasi yang selama ini diikuti. Hasilnya memperlihatkan 5 kesalahan fatal yang sering terjadi pada sebuah presentasi.

  1. Hanya membaca slide. Banyak responden mengeluhkan perilaku ini dari apa pun – dan dengan perbedaan yang sangat lebar. Banyak marah ditanya mengapa presenter hanya membaca slide dengan keras padahal penonton  mampu membaca  sendiri. Beberapa orang lain menunjukkan bahwa tidak hanya mereka memiliki slide yang dibacakan teks dari slide tersebut sudah diterima dalam handout. (Dalam menyajikan istilah, ini disebut sebagai yang “triple play”, yaitu, teks yang sama ada di layar, membaca dengan keras, dan ada dalam handout.) “Melihat seseorang membaca slide PowerPoint adalah bentuk penyiksaan yang harus dilarang berdasarkan Konvensi Jenewa,” tulis seorang responden.
  2. Informasi yang terlalu lama, terlalu banyak. Berapa lama terlalu panjang? Jika presentasi membosankan, responden mengatakan kepada kami, bahkan 10 menit tampak terlalu lama. Dan presentasi yang membosankan tampaknya merajalela di seluruh sektor ini. Jika data terlalu banyak, maka penonton merasa harus menyaring sendiri untuk menemukan relevansi dan aplikasi praktis. “Terlalu banyak segalanya,” jawab salah satu responden ketika kami menanyakan apa yang membuat presentasi tampak buruk. “Terlalu banyak slide dengan kata-kata terlalu banyak, terlalu banyak poin, data terlalu banyak, terlalu panjang, terlalu menggurui.”
  3. Kurangnya interaksi. Masalah yang pertama kali muncul ketika kita menanyakan kepada responden untuk menggambarkan penyajian khas muncul kembali dengan kuat dalam jawaban setelah pertanyaan openended. Banyak yang mengeluh tentang dikotbahi selama 30, 40, bahkan 60 menit . “Format pengajaran langsung sangat membosankan dan membuat saya ingin tidur. Saya perlu ruang tanya jawab atau kesempatan untuk para penonton untuk masuk ke gaya diskusi,” tulis seorang responden. Beberapa orang lain berkomentar tentang kesempatan untuk belajar dari rekan-rekan mereka. “Presenter sering lupa bahwa banyak penonton, terutama yang, katakanlah, dari 35 dan atas, memiliki kehidupan dan pengalaman kerja yang siap untuk dibagi,” tulis responden lain. “Presenter memiliki tanggung jawab untuk menambang itu, mengarahkan, dan memfasilitasi berbagi informasi  di antara kelompok. “
  4. Presenter tak bernyawa. Presenter yang berbicara dengan nada datar, yang tampaknya kurang berminat dalam materi mereka sendiri, atau yang tampaknya telah mengembara di dari film “Night of the Living Dead” juga dilaporkan oleh banyak orang dalam survei. “Bahkan jika aku tertarik pada topik,” kata seorang responden kami, “jika pembicara membosankan, aku mudah terganggu oleh kejadian-kejadian lain dalam ruangan seperti sepatu keren seseorang atau pakaian. Dan kemudian aku benar-benar hilang berpikir, ‘saya harus pergi belanja!’ “
  5. Masalah teknis/operasional. Proyektor LCD yang tidak bekerja, AC yang bekerja terlalu baik, sistem suara yang terlalu lembut, terlalu keras, atau mendesis terlalu banyak – hampir setiap masalah ruang atau teknis yang dapat Anda bayangkan muncul dalam jawaban survei. Sementara peralatan kerusakan dan masalah ruang yang tak terelakkan di ribuan presentasi, banyak yang dicegah, dan bahkan mereka yang tidak dapat dihindari tidak harus merusak bicara. Frekuensi responden menyebutkan jenis-jenis masalah menunjukkan bahwa presenter kepentingan publik sering tidak mengantisipasi mereka atau gagal untuk memiliki rencana cadangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s