Renungan Visi Ilahi – Hari 18 Tuhan memberikanmu para penolong

Diambil dari  Footprints on the Moon, Living a Divinely Inspired Life Devotional by Dr Elizabeth Babatunde

Hari Ke  18

10 Musa mendengar orang-orang Israel itu mengomel, sambil berdiri berkelompok-kelompok di depan pintu kemah mereka. Lalu berkobarlah kemarahan TUHAN sehingga Musa merasa sedih. 11 Maka berkatalah ia kepada TUHAN, “Mengapa Engkau menyusahkan saya begini? Apakah Engkau tidak senang kepada saya? Mengapa Engkau menyerahkan tanggung jawab atas semua orang itu kepada saya? 12 Sayakah yang mengandung atau melahirkan mereka itu? Mengapa Engkau menyuruh saya menjadi seperti seorang pengasuh yang menggendong anak kecil, sehingga saya harus mengasuh mereka terus-menerus sepanjang perjalanan ke tanah yang Kaujanjikan kepada leluhur mereka? 13 Lihatlah, mereka terus merengek minta daging. Dan di manakah harus saya cari daging untuk semua orang itu? 14 Tak sanggup saya memikul tanggung jawab sebesar itu; terlalu berat tugas itu bagi saya! 15 Kalau TUHAN terus membuat saya begini, kasihanilah saya; lebih baik membunuh saya dengan segera supaya saya tidak lagi menanggung penderitaan ini.” 16 Lalu berkatalah TUHAN kepada Musa, “Kumpulkanlah dari antara bangsa Israel tujuh puluh orang tua-tua yang diakui sebagai pemimpin bangsa. Bawalah mereka ke hadapan-Ku di dalam Kemah-Ku, lalu suruhlah mereka berdiri di situ di sampingmu. 17 Aku akan turun dan berbicara dengan engkau di tempat itu, dan sebagian dari kuasa yang sudah Kuberikan kepadamu, akan Kuberikan kepada mereka. Maka dapatlah mereka membantu engkau memikul tanggung jawab atas bangsa ini, dan tidak usah engkau memikulnya sendirian. (Bilangan 11:10-17 BIMK)

Tidak ada yang bisa memikul beban hidup ini sendirian. Kita saling membutuhkan. Supaya dapat mencapai tujuan yang Tuhan tetapkan, kita butuh orang-orang yang dapat membantu kita sepanjang perjalanan. Namun ijinkan hikmat Tuhan yang akan memimpin kita kepada orang yang tepat. Undang orang-orang yang memiliki kemampuan dan keterampilan yang tidak engkau miliki untuk ada di sekelilingmu. Carilah orang-orang yang memiliki roh yang sama yang memiliki harapan ke depan yang sama-sama lebih baik. Mintalah kepada Tuhan untuk memunculkan orang-orang yang bisa menjadi pemecah masalah, pembentuk karakter, pengisi kebutuhan, dan jawaban buat doa-doa kita. Dan ingat, bahwa engkaupun adalah jawaban untuk doa-doa orang lain.

Mintalah kepada Tuhan untuk menunjukkan dan memunculkan orang-orang yang bisa menolongmu dalam perjalanan rohani ini. 

 

kawantumbuh:

  • Bagian ayat di atas yang mana yang paling menarik perhatianmu? Mengapa?
  • Kebenaran apa yang kaupelajari tentang Tuhan dari ayat di atas?
  • Kebenaran apa yang kaupelajari tentang manusia dari ayat di atas?
  • Menurutmu, apa yang Tuhan ingin kau lakukan?
  • Adakah kisah/cerita yang kauingat setelah membaca ayat dan merenungkannya?
  • Adakah kebutuhan yang muncul untuk didoakan?

3 thoughts on “Renungan Visi Ilahi – Hari 18 Tuhan memberikanmu para penolong

  1. Ketika Musa berkeluh kesah karena merasa letih menghadapi bangsa Israel, Allah tidak serta merta mengubah Musa menjadi manusia super. menjadi pemimpin yang serba bisa. Tetapi Allah memanggil orang 2 di sekitar Musa untuk membantu Musa.

    Rasanya hal ini juga yang Tuhan ingin untk saya lakukan.

    sip. tidak ragu- ragu lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s