People of The Second Chance POTSC: The 5 Lifemarks (5 Nilai Hidup)

Baru-baru ini saya menemukan sebuah komunitas yang menarik perhatian saya. Mereka menamakan diri sebagai People of the Second Chance (POTSC), yaitu orang-orang yang menemukan hidup baru lewat kasih karunia dan bertekad untuk menjalani hidup dengan anugerah yang radikal (radical grace living). Di bawah ini adalah nilai-nilai yang mereka sebut sebagai The 5 Lifemarks.

Lima tanda hidup (The 5 Lifemarks)

Lima tandahidup berikut mengidentifikasi seseorang yang telah bertekad untuk hidup berdasarkan kasih karunia yang radikal. Setiap hari kami berjuang untuk bertumbuh dalam karakter-karakter berikut:

  • Empati

Engkau memiliki koneksi hati pada penderitaan dan perjuangan orang lain. Engkau memberikan kenyamanan dan tidak memberi penghakiman. Engkau dapat melihat dunia seperti yang dilihat oleh orang lain. Engkau memahami perasaan orang lain, dan dapat menangani masalah hati secara efektif. Engkau menyadari bahwa sambil memberi pada orang lain engkau juga memberi pada dirimu sendiri.

  • Kegigihan

Engkau bertekad kuat dan bertahan ketika engkau merasa akan menyerah pada dirimu sendiri dan orang lain. Engkau tetap di jalan yang engkau tempuh, dan memperlihatkan keteguhan bahwa ketika kelihatannya sulit. Kesempatan kedua adalah jalan berlubang yang membutuhkan tekad untuk tidak akan pernah menyerah. Engkau kuat dan berkuasa. Engkau cukup bijak untuk memahami bahwa terobosan sering hanya satu langkah kecil lagi.

  • Semangat

Engkau mau mengambil resiko dan keluar dari daerah nyamanmu. Tindakan anugerah dan pengampunan membutuhkan keberanian untuk menyerahkan hak kita untuk mendapatkan pembalasan. Semangat ini dibutuhkan untuk hidup secara jujur dalam kisah kita, dan juga secara transparan. Ketakutan sering menjadi bagian dari perjalanan kita, namun kita menolak untuk membiarkan ketakutan untuk mengendalikan dan mengatur keputusan kita.

  • Tujuan

Engkau menghidupi hidup setiap waktu dan menikmati keberadaanmu karena mengetahui bahwa hidupmu memberi dampak yang baik bagi dunia. Dengan tujuan engkau dapat bertahan. Engkau membuat tujuan yang besar dan bekerja keras untuk mencapainya. Hidup adalah anugerah dari Tuhan, maka engkau siap untuk bekerja keras dalam hidup ini. Kisah hidupmu tidaklah berakhir di dalam lembah, dan engkau tidak akan bersikap sebagai korban yang tidak berdaya. 

  • Pengharapan

Engkau memiliki harapan yang adalah campuran antara optimisme yang dibalut realisme. Engkau memahami bahwa kegagalan membawa kehilangan, namun juga bisa menjadi benih untuk sesuatu yang lebih baik. Harapan membawa kita ke sebuah tempat yang mengijinkan kesembuhan terjadi, dan membawa keuntungan rohani, psikologi dan fisik. Harapan mengangkat semangat kita dan kepercayaan akan masa depan yang lebih baik.

 

Saya cukup terinsipirasi dengan nilai-nilai ini, yang harus saya akui belum semuanya melekat pada diri saya. Kegigihan, Semangat, dan Pengharapan adalah hal-hal yang harus saya gumuli dan praktekkan hari-hari ini. Dan saya siap. Bagaimana dengan anda? Sudahkah nilai-nilai ini memberi anda mata yang baru melihat hidup ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s