Renungan Visi Ilahi – Hari 13 Tuhan mengaruniakan karunia rohani dan ilahi

Diambil dari  Footprints on the Moon, Living a Divinely Inspired Life Devotional by Dr Elizabeth Babatunde

Hari Ke  13

4 Ada bermacam-macam karunia dari Roh Allah, tetapi semuanya diberi oleh Roh yang satu. 5 Ada bermacam-macam pekerjaan untuk melayani Tuhan, tetapi Tuhan yang dilayani itu, Tuhan yang satu juga! 6 Ada berbagai-bagai cara mengerjakan pekerjaan Tuhan, tetapi yang memberikan kekuatan untuk itu kepada setiap orang adalah Allah yang satu juga. 7 Untuk kebaikan kita semua, Roh Allah bekerja pada setiap orang secara sendiri-sendiri. 8 Kepada yang seorang, Roh itu memberikan kesanggupan untuk berbicara dengan wibawa. Kepada yang lain Roh yang sama itu memberikan kesanggupan untuk menjelaskan tentang Allah.9 Roh yang satu itu juga memberikan kepada orang yang satu, kemampuan yang luar biasa untuk percaya kepada Kristus; sedangkan kepada yang lain Roh itu memberikan kuasa untuk menyembuhkan orang. 10 Kepada seorang diberikan kuasa untuk mengadakan keajaiban dan kepada yang lain diberikan karunia untuk memberitahukan rencana-rencana Allah. Kepada yang lain lagi Roh itu memberi kesanggupan untuk membeda-bedakan mana karunia yang dari Roh Allah dan mana yang bukan. Ada yang diberikan kesanggupan untuk berbicara dengan berbagai bahasa yang ajaib, dan ada pula yang diberikan kesanggupan untuk menerangkan arti bahasa-bahasa itu. 11 Semuanya itu dikerjakan oleh Roh yang satu itu juga; masing-masing orang diberi karunia yang tersendiri menurut kemauan Roh itu sendiri.12 Kristus adalah seperti tubuh manusia; tubuh itu satu, tetapi terdiri dari banyak anggota. Semua anggota itu, meskipun banyak, merupakan satu tubuh. (1Korintus 12:4-12 BIMK)

Agar dapat menyelesaikan tugas yang diberikan Tuhan, engkau membutuhkan karunia-karunia rohani, yang memang telah disiapkan-Nya. Roh Kudus akan memampukanmu untuk melakukan hal-hal yang di luar kemampuanmu.  Ia juga mengaruniakan karunia hikmat dan pemahaman agar dapat mengambil keputusan yang benar dan terbaik dalam perjalanan hidupmu. Ia juga menganugerahkan iman supaya engkau bisa mengambil langkah yang tidak pernah engkau ambil sebelumnya untuk mencapai tujuan yang dipersiapkan Tuhan. Ia juga mengaruniakan mujizat dan kesembuhan, agar bisa memenuhi kebutuhanmu dan orang-orang di sekelilingmu. Ia mempersiapkan kuasa kenabian, bahasa roh dan penafsirannya, semuanya untuk pertumbuhan orang-orang percaya. Agar bisa mencapai tujuanmu, engkau perlu berkarya dalam karunia-karunia rohani dan ilahi.

  • Menurutmu, karunia rohani apa yang Tuhan anugerahkan kepadamu?
  • Seberapa sering engkau mempraktekkan karunia-karunia rohanimu?
  • Pernahkah engkau mengalami kemenangan dalam pergumulan pribadi dan pelayanan karena melibatkan karunia rohani dan ilahi?

MInta agar Roh Kudus menunjukkan karunia rohanimu dan menggunakannya lewat hidupmu hari-hari ini 

kawantumbuh:

  • Bagian ayat di atas yang mana yang paling menarik perhatianmu? Mengapa?
  • Kebenaran apa yang kaupelajari tentang Tuhan dari ayat di atas?
  • Kebenaran apa yang kaupelajari tentang manusia dari ayat di atas?
  • Menurutmu, apa yang Tuhan ingin kau lakukan?
  • Adakah kisah/cerita yang kauingat setelah membaca ayat dan merenungkannya?
  • Adakah kebutuhan yang muncul untuk didoakan?

One thought on “Renungan Visi Ilahi – Hari 13 Tuhan mengaruniakan karunia rohani dan ilahi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s