Pergumulan Pendeta, Hamba Tuhan dan Gembala Jemaat: Statistik dan Infographic

Baru-baru ini mendengar kabar yang menyesakkan: seorang sahabat yang pernah ditahbiskan sebagai pendeta, bahkan mendapat panggilan sebagai misionaris mengalami keretakan rumah tangga, bahkan kemudian bercerai. Terlebih membuat hati carut marut ketika mengetahui bahwa teman ini langsung menikah lagi dengan seseorang yang berbeda agama, dan bukan hanya itu, ikut pindah hati dan agama. Pernikahannya dilangsungkan di tempat ibadah tetangga yang terbesar di kotanya. Padahal selama ini kami melihat kondisi keluarga baik-baik saja (dibandingkan keluarga kami), dan walaupun  berpisah selama beberapa tahun, kami mengira keluarga teman ini sedang dalam suasana yang sangat baik.

Kabar ini juga menyesakkan karena kami juga baru melewati krisis dalam hubungan suami istri yang cukup parah. Masih ditambah dengan krisis secara organisasional dan juga keluarga. Saya, istri dan anak-anak melewati tahun 2011 dalam banyak tekanan dan keraguan, dan pikiran untuk mundur dari pelayanan sering menjadi pilihan yang menggoda. Saya rasa saya tidak sendirian. Data berikut, yang saya ambil dari sini, dibuat dalam konteks Amerika Serikat dan tentu tidak bisa serta merta disamakan dengan Indonesia, namun bisa menjadi pelajaran bagi kita. Baca juga artikel yang saya buat sebelumnya.

Survey dibawah ini diambil dari 1050 pendeta di California.

 

Survey yang lain lagi:

Saya harus mengakui bahwa pergumulan yang sama sering muncul dalam kehidupan pelayanan kami suami istri. Bagaimana pengalaman anda sendiri sebagai seorang hamba Tuhan ataupun mengenal keluarga hamba Tuhan? 

5 thoughts on “Pergumulan Pendeta, Hamba Tuhan dan Gembala Jemaat: Statistik dan Infographic

  1. Shalom salam kenal.. Sy mulai pelayanan perintisan gereja dipangkalanbun kalteng.20 juni 2007 pertama kali sy injkan kaki dipangkalanbun.bulan ketiga saya menemukan 1 greja yang sudah ditutup sejak thn 2001.puji tuhan tuhan mengijinkan saya dan istri tercinta mesrany sitanggang memulai lagi ibadah perdana digreja ini tgl 6 januari 2009.kondisi greja yang dibangun sejak thn 1995 sampai skrng blum direnovasi sgt memprihatinkan ditambah pergumulan ‘orang2 yang tdk suka’ dgn ulah mreka..mohon doa agar tuhan memberi kami kekuatan bertahan dan melayani sampai akhir hidup..buat mereka yang menyerah atau balik keyakinan membuktikan diri sebagai org-org yg tdk dipilih.yang akan binasa.tetap smangat maju trus sampai tuhan datang mendapati kita setia melayani dia.amin.amin.amin…

  2. Artikel yg baik dan menginspirasi…, bolehkah saya share ke blog saya, tentunya dengan mencantumkan sumber dari blog bapak. terimakasih

Leave a Reply

