Membuat Pernyataan Tujuan

Memiliki tujuan yang jelas adalah bagian yang penting dalam sebuah perencanaan, apakah itu rencana kerja dalam sebuah proyek, rencana menulis artikel atau buku, maupun juga rencana hidup kita sendiri. Ketika tujuan tersebut dituliskan sehingga dapat dimengerti dan disebarluaskan, maka kita menyebutnya sebagai Pernyataan Tujuan (Objective Statement) yang akan menggambarkan tujuan dan hasil yang kita harapkan.

Biasanya setelah merenungkan selama beberapa lama, kita sering merasa sudah memiliki tujuan yang jelas. Kita juga mungkin bisa mencoba menjelaskannya pada orang lain, dan mereka akan mengerti. Namun ketika menyatakannya dalam bentuk tulisan yang cukup singkat, yang kemudian dapat dimengerti dengan jelas dan dipahami oleh orang lain, sepertinya merupakan tantangan tersendiri bagi beberapa orang. Karena saya sendiri termasuk orang yang berusaha untuk dapat menuliskan tujuan saya dengan cukup jelas, maka saya mencoba untuk memaparkan langkah-langkah untuk menuliskan sebuah pernyataan tujuan.

 

Sebuah pernyataan tujuan yang ditulis dengan baik akan memberikan gambaran yang jelas akan hasil maupun usaha yang anda harapkan dari kegiatan yang sedang direncanakan. Tujuan yang hendak dicapai tersebut bisa berupa Goal – yang umumnya lebih umum dari pada Objectives – yaitu pernyataan tujuan yang memiliki sifat spesifik, singkat, dan dapat diamati ataupun diukur

Saat membuat pernyataan tujuan, kita perlu memikirkan dan memikirkan ulang hal-hal berikut:

  • Program seperti apa yang sedang kita rencanakan 
  • Apa yang menjadi kehendak kita
  • Siapa yang menjadi sasaran program tersebut
  • Apa yang sebenarnya menjadi kebutuhan orang yang menjadi sasaran program
  • Hasil seperti apa yang ingin kita lihat. 

Langkah-langkah membuat Pernyataan Tujuan:

  1. Rumuskan terlebih dahulu apa yang menjadi kehendak kita – Hasil apa yang kita bayangkan akan terjadi ketika kita melakukan sebuah program. Bertanyalah pada diri sendiri: “Hal menarik apa yang ingin saya lihat saat program ini selesai dijalankan”
  2. Rumuskan apa yang menjadi kebutuhan mereka yang menjadi sasaran program kita. Bertanyalah pada diri sendiri: “Kebutuhan orang seperti apa yang akan terpenuhi ketika program ini selesai dijalankan”
  3. Rumuskan kondisi apa yang perlu terjadi pada orang-orang yang menjadi sasarkan program kita. Bertanyalah pada diri sendiri: “Perilaku seperti apa yang perlu dilakukan oleh orang-orang untuk menyelesaikan program ini”. 
  4. Rumuskan apa yang akan terjadi jika program yang kita lakukan berhasil. Ini akan menjadi kriteria sukses kita. Bertanyalah pada diri sendiri: “Jika program saya berhasil, tindakan apa yang akan dilakukan oleh orang-orang, atau perubahan apa yang akan terjadi pada orang yang menjadi sasaran program”

Jika kita sudah memikirkan langkah-langkah di atas, kita sudah siap menuliskan Pernyataan Tujuan kita. Beberapa hal yang perlu kita persiapkan ketika menuliskan Pernyataan Tujuan adalah:

  • Tujuan ini seharusnya berhubungan dengan tindakan dan perilaku yang berada di dalam kendali kita. 
  • Lebih baik jika pernyataan tujuan itu mencerminkan tiga aspek: perilakukondisi dan kriteria. Perilaku biasanya dinyatakan dengan kata kerja aktif. Kondisi menyatakan apa yang perlu dilakukan atau dicapai oleh sasaran program. Kriteria adalah bagaimana kita akan mengukur keberhasilan program yang telah dilakukan.
  • Apakah aspek perilaku, kondisi dan kriteria keberhasilan ini merupakan sesuatu yang dapat diamati dan diukur? Kita akan dapat menentukan indikator keberhasilan jika aspek-aspek ini dapat diukur. 

Pernyataan tujuan ini akan memiliki fungsi yang berbeda-beda, tergantung anda menggunakannya untuk tujuan apa. Dibawah ini ada beberapa contoh pernyataan tujuan yang orang lain tuliskan untuk maksud yang berbeda-beda. Penggunaan yang berbeda juga akan memberikan nuansa yang berbeda dalam cara kita merumuskan pernyataan tujuan ini, walaupun memulainya dengan langkah-langkah di atas.

Career Objective Statement – Pernyataan Tujuan untuk Karir

Bercita-cita untuk posisi copywriter, agen iklan untuk bekerja di sana selama lima tahun. Dengan modal investasi setelah pengalaman kerja yang cukup, bermimpi untuk memiliki agen iklan yang independen.

Tujuan karir saya adalah untuk menjadi ceo rumah penerbitan terkemuka dan mempromosikan penerbitan karya penulis yang berbakat dan berjuang untuk mendapatkan tempat di media. Memiliki rumah penerbitan telah impian saya selama 6 tahun dan sekarang setelah cukup pengalaman sebagai manajer rumah penerbitan, saya ingin membuka satu independen.

Personal Vision Statement – Pernyataan  Visi Pribadi

Di dalam keluarga kami, kami saling mencintai dan saling mendukung satu dengan yang lainnya, membantu setiap yang lain untuk tumbuh dengan menggunakan karunia Allah yang khas, dan melayani orang lain dalam komunitas disekitar dimana kami tinggal.

Lesson Objectives – Tujuan Pembelajaran

setelah mengamati tanah dan air (condition), siswa (audience) diharapkan dapat membandingkan struktur tanah dengan struktur air (behavior) dengan tiga pembandingan  (degree)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s