12 Pertanyaan Baku Pertumbuhan bagi para pemimpin

Mengapa disebut pertanyaan baku? Memberikan pertanyaan yang tepat adalah sebuah cara yang dapat menolong seseorang ataupun organisasi bertumbuh. Seorang pemimpin perlu mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini, dalam konteks dan cara yang bisa berbeda-beda, sebagai sarana untuk mengetahui dalam hal apa ia atau tim yang sedang dipimpinnya perlu bertumbuh. Pertanyaan menjadi sebuah sarana evaluasi dan umpan balik. Tentu dengan syarat telah terjadi suasana keterbukaan dan aman dalam kelompok tersebut. Artikel ini diambil dari sini.

Apa yang kita bisa pelajari dari hal ini?

Apakah kamu mengerti apa yang saya maksudkan?

Bagaimana cara supaya saya bisa membantu anda?

Apa yang perlu kita lakukan berikutnya?

Dalam hal apa kita perlu memusatkan pekerjaan terbaik kita?

Adakah sesuatu yang saya salah atau lupakan?

Bagaimana saya bisa membuatnya lebih baik ke depan?

Perubahan apa yang bisa kita lakukan untuk membuat hidup lebih baik?

Apa yang akan kamu kerjakan berbeda jika ada di posisi saya?

Apakah kamu menikmati pekerjaanmu?

Bagaimana caranya saya meningkatkan komunikasi dengan anda?

Harus saya akui bahwa saya tidak terbiasa atau bahkan sangat jarang sekali mengajukan pertanyaan ini, baik pada diri sendiri maupun pada orang -orang di sekeliling saya. Bagaimana dengan anda? Mari tingkatkan terus produktivitas dan keunggulan lewat cara-cara yang luhur. Tetap semangat!

Leave a Reply

