Strategi Pembelajaran: 7 langkah memperkuat daya ingat murid

Bagaimana cara kita sebagai guru mempersiapkan materi dan metode pembelajaran yang membuat para pembelajar bisa lebih mengingat bahan yang diberikan? Berikut ini langkah-langkah metode pembelajaran yang bisa menolong memperkuat daya ingat. Bahan ini diambil dari Buku How To Teach So Students Remember, Marilee Sprenger.

  1. Reach – yaitu berusaha untuk melibatkan murid-murid dalam proses pembelajaran. Murid bukanlah pribadi yang pasif, namun mereka perlu ikut campur dalam proses pertumbuhan diri.  Beberapa contoh metode pembelajaran yang melibatkan murid adalah Discovery learning, problem-based learning, project-based learning, dan inquiry learning dll. Penting juga bagi guru untuk mempertimbangkan perhatian, motivasi, gaya belajar dan emosi.
  2. Reflect – perenungan adalah memberikan kesempatan kepada murid untuk menghubungkan sesuatu yang baru diberikan oleh guru dengan pemahaman yang sudah ada dalam dirinya.
  3. Recode –  cara untuk mengorganisir pengetahuan yang baru dalam pemahaman murid secara penuh, dan memberi kesempatan padanya untuk mengadaptasikan dalam cara yang baru, mungkin secara visual, pemahaman abstrak, ide-ide dll. Dengan cara ini pengetahuan yang baru telah menjadi milik si pembelajar.
  4. Reinforce – penguatan melalui umpan balik.  Sebagai saringan untuk mengoreksi apa yang salah dan menguatkan yang telah dikuasai, sehingga apa yang masuk pada ingatan jangka panjang merupakan pengetahuan yang telah terseleksi.
  5. Rehearse – pengulangan yang berfungsi untuk menaruh pengetahuan dalam ingatan jangka panjang.
  6. Review – pengolahan pengetahuan yang telah ada dalam ingatan jangka panjang untuk  melihat apakah pembelajar telah
    menguasai bahan dengan baik dan benar
  7. Retrieve – memilih penanda dan penolong ingatan agar bisa menggunakan kembali pengetahuan yang telah ada di ingatan jangka panjang. Kadang-kadang ada hal-hal yang bisa menghalangi usaha murid untuk mengingat kembali. Gunanya penanda dan penolong ingatan adalah untuk mengatasi hal ini.

3 thoughts on “Strategi Pembelajaran: 7 langkah memperkuat daya ingat murid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s