Mutiara Hikmat #1: Pekerjaan yang meningkatkan kualitas hidup

Upah pekerjaan orang benar membawa kepada kehidupan, penghasilan orang fasik membawa kepada dosa (10:16)

Setiap orang yang bekerja mengharapkan mendapat upah. Upah tersebut bisa merupakan sesuatu hal yang dapat dihitung, seperti jumlah uang, atau juga bisa sesuatu yang tidak dapat dihitung, seperti rasa terima kasih. Apapun upah yang didapat, harapan seseorang pekerja adalah mendapatkan sesuatu yang membawa kebaikan atau kesejahteraan.

Namun ternyata bagaimana sikap hati seorang pekerja akan membuat perbedaan akan hasil sebuah pekerjaan. Orang yang hatinya benar akan cenderung bekerja dengan benar, dan kemudian ketika mendapatkan upah, menghabiskan upah tersebut dengan cara yang benar juga. Karena itulah upah yang didapat seorang yang hatinya benar akan semakin meningkatkan kualitas kehidupan.

Sebaliknya, jika seseorang yang hatinya jahat bekerja, ia akan cenderung melakukannya tanpa memperhitungkan apakah yang dilakukannya benar atau tidak. Mungkin ia akan mencari jalan pintas, walaupun yang dilakukannya mungkin melanggar kebenaran. Mungkin juga ia mengaku hal yang tidak benar, melebih-lebihkan jasa atau harga yang dipakainya. Tujuannya adalah agar ia mendapat hasil yang lebih.

Namun walaupun hasil yang didapat kelihatannya melebihi orang lain, namun apa yang dilakukannya belum tentu membawa kebaikan. Bahkan hasil yang dirasa besar itu mungkin akan mendorong orang tersebut hidup berfoya-foya, atau mungkin mencari kenikmatan semu yang justru akan menghancurkan hidupnya. Upah yang didapat oleh orang yang jahat, justru akan dipakai untuk melakukan hal-hal yang jahat, yang akan mencelakakan kehidupannya sendiri.

Bagaimana memili Kearifan dalam Bekerja:
• Bekerjalah dengan motivasi yang benar, yaitu memberikan yang terbaik dengan cara yang baik
• Terimalah upah yang pantas untuk kualitas dan kuantitas pekerjaan yang kita lakukan
• Gunakanlah hasil yang kita dapat dari pekerjaan kita untuk hal-hal yang positif yang menambah kualitas kehidupan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s