Renungan: Hidup yang Berkelimpahan (Yoh 10:10) #3

B    Bagaimanakah hidup yang berkelimpahan yang dijanjikan Yesus

Hidup berkualitas
Yesus bukan hanya sekedar menjanjikan hidup. Yesus menjanjikan hidup yang berkelimpahan. Di Alkitab kita bisa melihat bahwa hidup yang berkelimpahan tersebut akan terdiri dari dua hal:

  • Berkat-berkat jasmani, yang meliputi: materi seperti kekayaan, ternak, hasil tanah; kekayaan seperti harta, perhiasan dan barang dagangan; juga kekayaan alam, seperti air dan hujan.
  • Berkat-berkat rohani, yang meliputi kasih, kebaikan, belas kasihan, kuasa, hikmat, pengetahuan, damai, anugerah dan sukacita.

Kedua hal ini saling berhubungan, dimana berkat-berkat jasmani selalu digambarkan sebagai pemberian Allah, baik sebagai imbalan untuk ketaatan ataupun bagian dari kasih karunia—Nya.

Ingat bahwa pada mulanya Allah menyamakan kehidupan dan kesejahteraan manusia. Allah menciptakan manusia untuk memuliakan Dia dan menikmati keadaan itu. Kejatuhan manusia yang mengubah hal tersebut. Allah masih memberkati manusia dengan kelimpahan, namun sekarang hal tersebut akan tergantung pada:

  • Ketaatan – dalam banyak hal, ketaatanlah yang akan membawa kelimpahan dalam hidup seseorang. Bahkan dapat kita katakan semakin taat seseorang, semakin berkelimpahan kehidupannya. Abraham, Ishak dan Ayub memperlihatkan contoh dalam PL.
  • Hubungan dan penyembahan – Semakin dekat hubungan kita dengan Allah, semakin bisa kita menyembah Allah, semakin berkelimpahan hidup kita. Bahkan seperti Salomo, yang setelah diberkati Tuhan menyembah Allah dengan sangat dan mengembalikan berkat itu secara berlimpah – ia juga yang kemudian diberkati lagi dengan lebih berlimpah. Sayang Salomo sendiri tidak bisa hidup seterusnya dengan aturan ini.
  • Rencana Allah – Namun dalam banyak contoh, kehidupan yang tidak berkelimpahan juga mungkin dialami oleh anak Tuhan, apabila ada rencana Allah dibalik itu semua. Contohnya Yakub, Yusuf dll.

Hidup yang sejati di dalam dunia yang tidak sempurna
Hidup yang berkelimpahan ini adalah hidup yang sejati. Hidup yang sesuai dengan kehendak Allah. Hidup yang sesuai dengan rencana Allah. Kedatangan Yesus membuat manusia kembali mendapatkan posisi dan fungsinya mula-mula, seperti saat Adam diciptakan.
Pada saat yang sama kita masih hidup dalam dunia yang tidak sempurna, yang masih memberi tempat buat pencobaan, kegagalan, penderitaan, bencana alam, kematian dll. Orang percaya pun masih akan mengalami semua itu. Kita juga masih akan memberi reaksi-reaksi yang tidak kudus, yang akan membuat kita mengambil keputusan yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan. Kita masih melakukan dosa. Semua hal itu mempengaruhi kelimpahan yang Tuhan sediakan untuk kita.

Dipenuhi segala kebutuhan untuk menjalankan fungsi secara maksimal
Walaupun kita masih mengalami krisis dan penderitaan, yang akan mempengaruhi kelimpahan yang kita miliki, namun ada satu hal yang pasti. Orang percaya memiliki mandat, posisi dan fungsi yang khusus. Allah telah memberi perintah bagi manusia untuk mengusahakan dunia ini, menjadi perwakilan Allah di bumi. Sebagai orang Kristen kita masih memiliki mandat tersebut, yaitu menjadi alat kemuliaan Tuhan dalam setiap kehidupan kita. Memperluas kerajaan Allah. Menjadi pekerja-pekerja Allah yang bekerja di ladang Tuhan. Dalam segala talenta, kedudukan dan penghidupan kita. Orang percaya akan mendapatkan semua itu!
Apapun yang kita butuhkan untukmenjadi representasi kemuliaan Allah di bumi ini, akan disediakan oleh Allah, karena Ia tidak akan membiarkan nama-Nya dinista.

Hidup berlimpah dari kacamata Allah!
Walaupun begitu, perlu dilihat bahwa semua berkat dan kelimpahan itu akan diukur pertama-tama lewat:

  • Ukuran dan standar Allah
  • Tujuan dan rencana Allah
  • Cara kerja Allah

One thought on “Renungan: Hidup yang Berkelimpahan (Yoh 10:10) #3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s