Cara-cara orang tua menyakiti anak (5/6)

Sebelumnya: 60. Memperlakukan seperti anak kecil

Hal-hal apa saja yang dilakukan orang tua yang mengakibatkan sakit hati anak? Dr. Gary Smalley mengumpulkan daftar berikut:

61. Tidak menerima apa yang saya kerjakan atau cara saya mengerjakannya; Saya berjuang terus menerus untuk mendapatkan persetujuan mereka, namun mereka tidak memberikannya
62. Melihat mereka melakukan hal-hal yang mereka larang saya lakukan
63. Mengabaikan saya ketika saya meminta nasihat karena mereka terlalu sibuk
64. Mengabaikan atau tidak memperkenalkan saya kepada orang-orang yang datang ke rumah atau di tempat umum
65. Menunjukkan sikap pilih kasih terhadap kakak atau adik
66. Bertindak seolah-olah sesuatu yang saya inginkan tidaklah berarti
67. Membuat saya merasa tidak istimewa; Penting buat saya supaya orang tua memperlihatkan, dengan cara-cara sederhana bahwa saya berarti buat mereka
68. Melihat ayah saya merendahkan ibu, apalagi di depan banyak orang
69. Jarang menyentuh atau memeluk saya
70. Melihat mereka bertengkar sampai menyakiti salah satu
71. Tidak mempercayai saya
72. Menertawakan sesuatu yang secara fisik berbeda dari saya
73. Melihat ayah dan ibu saling membalas dendam
74. Merasakan bahwa ayah tidak pernah menyetujui apa yang saya lakukan dan cara saya melakukannya
75. Tidak dapat mengendalikan amarah mereka

Lanjut: 76. Marah kepada saya ketika …

2 thoughts on “Cara-cara orang tua menyakiti anak (5/6)

Leave a Reply

