Cara-cara orang tua menyakiti anak (4/6)

Sebelumnya: 45. Meremehkan apa yang saya lakukan …

Hal-hal apa saja yang dilakukan orang tua yang mengakibatkan sakit hati anak? Dr. Gary Smalley mengumpulkan daftar berikut:

46. Menggunakan kata-kata kasar ketika mereka marah
47. Tidak sopan, bahkan sampai kasar
48. Berkata “tidak” tanpa memberikan alasan
49. Tidak pernah memuji saya
50. Berbeda antara yang dikatakan dengan bahasa tubuh/wajah
51. Memberi komentar yang kasar tentang saya
52. Menertawai harapan, impian dan prestasi saya
53. Menghukum saya dengan keras untuk hal-hal yang tidak saya lakukan
54. Terbagi-bagi perhatiannya ketika saya ingin berbicara sesuatu
55. Melecehkan saya di depan orang lain
56. Berbicara tanpa memikirkan apa akibatnya buat saya
57. Menekan saya ketika saya sudah merasa rendah atau tersinggung
58. Membandingkan saya dengan anak lain di sekolah dan memberi tahu saya bahwa mereka sangat hebat dan berharap bahwa saya akan melakukan dengan lebih baik
59. Memaksa saya untuk berdebat ketika sebenarnya saya sangat terluka
60. Memperlakukan seperti anak kecil

Lanjut: 61. Tidak menerima apa yang saya kerjakan …

2 thoughts on “Cara-cara orang tua menyakiti anak (4/6)

Leave a Reply

