Cara-cara orang tua menyakiti anak (2/6)

Sebelumnya: 15. Melakukan hal-hal tanpa berpikir terlebih dahulu

Hal-hal apa saja yang dilakukan orang tua yang mengakibatkan sakit hati anak? Dr. Gary Smalley mengumpulkan daftar berikut:

16. Tidak pernah berterima kasih
17. Tidak mau menghabiskan waktu bersama-sama
18. Tidak peka akan pergumulan yang saya hadapi
19. Berbicara dengan kasar
20. Tidak konsisten
21. Menganggap enteng
22. Mengatur saya untuk sesuatu yang sedang saya kerjakan sendiri
23. Mengomeli saya
24. Mendominasi saya
25. Membuat saya merasa tidak diperhatikan dan tidak dihargai
26. Mengabaikan
27. Tidak dianggap sebagai pribadi yang punya pikiran dan perasaan
28. Terlalu sibuk untuk peduli dan mendengarkan saya
29. Menganggap kebutuhan saya tidak penting, apalagi ketika pekerjaan dan hobi mereka lebih penting
30. Mengungkit-ungkit kesalahan masa lalu untuk membereskan masalah yang sekarang

Lanjut: 31. Menggoda saya berlebihan

2 thoughts on “Cara-cara orang tua menyakiti anak (2/6)

Leave a Reply

