Cara-cara orang tua menyakiti anak (1/6)

Hal-hal apa saja yang dilakukan orang tua yang mengakibatkan sakit hati anak? Dr. Gary Smalley mengumpulkan daftar berikut:

1. Tidak tertarik pada hal-hal yang merupakan sesuatu yang istimewa bagi saya
2. Melanggar janji
3. Memberi kritikan dengan cara yang tidak adil
4. Membiarkan kakak atau adik menghina saya
5. Salah memahami motivasi saya
6. Berbicara sembarangan
7. Menghukum saya walaupun sebenarnya saya sendiri sudah mendapatkan konsekuensinya
8. Mengatakan bahwa pendapat saya tidak ada artinya
9. Memberi saya kesan bahwa mereka tidak pernah salah
10. Memperlihatkan kelemahan saya dengan cara yang kurang lemah lembut
11. Memberi ceramah dan tidak memahami bahwa yang saya butuhkan adalah dukungan
12. Tidak pernah mengatakan “Aku mengasihimu”; Tidak pernah memperlihatkan kasih secara fisik
13. Tidak pernah memberi waktu berduaan dengan saya
14. Tidak sensitif, kasar, dan melanggar janji
15. Melakukan hal-hal tanpa berpikir terlebih dahulu

Lanjut:
16. Tidak pernah berterima kasih

5 thoughts on “Cara-cara orang tua menyakiti anak (1/6)

  1. dari 16 daftar tersebut, nomor urut 2 sering tanpa kita sadari sering dilakukan, namun ada satu lagi perilaku terselubung dari orangtua yang bisa berdampak membuat anak sakit hati, OVER PROTECT.

    salam kenal

    Henny

  2. Salam kenal juga bu (mba?) Henny..
    Saya lihat anda produktif menulis, ya.. mau belajar..

    no 2: ingkar janji – anak saya umur 5 tahun komentar: papah kalo janji cuman janji melulu, jawabannya ntar.. ntar..

    Over Protect jelas menyakiti anak – dalam beberapa kasus yang saya layani anak merasa terkungkung dan menjadi pemberontak, namun dalam kasus yang lain anak menjadi tergantung dan tak sadar bahwa ortu sudah melukai dalam hal tersebut…

Leave a Reply

