Peningkatan penggunaan digital media oleh anak-anak

Statistik yang dilakukan oleh NPD Group tentang penggunaan digital media oleh anak-anak umur 2-14 tahun memperlihatkan peningkatan yang signifikan. Riset ini, yang dilakukan pada tahun 2008, memperlihatkan kecenderungan yang terus meningkat akan penggunaan video games, komputer dan digital music player oleh anak-anak. Survey dihitung berdasarkan 3605 responden ibu dan anak di Amerika.
 

 Penggunaan

2008

2007

Menggunakan komputer

92%

94%

Bermain Video Games

85%

80%

Menggunakan Digital Music Player

60%

51%

Menggunakan HP

51%

49%

Mendownload Ringtone

22%

 

Menonton TV secara digital lewat komputer, HP & Player

22%

17%

Statistik ini memperlihatkan fakta yang tidak terelakkan, bahwa semakin banyak anak usia dini yang menggunakan teknologi digital terbaru untuk mendapatkan informasi dan kesenangan yang ia inginkan. Survey ini juga melaporkan beberapa kecenderungan lainnya:

  • Terjadi peningkatan yang signifikan dalam penggunaan digital media oleh anak perempuan

Girls have shown significant increases in gaming, listening to music, and watching movies and TV shows (via nontraditional methods) since last year, while the only increase among boys was for watching TV shows.Though it’s true that the use of video game systems is driven by boys, the increased use of video game systems is driven primarily by growth among girls, who have gone from 50 percent usage in 2006 to 57 percent in 2008.

  • Jalan masuk ke dalam dunia digital bagi anak-anak terutama lewat games

“Although the most dramatic increase in usage of these devices happens at about age 9, playing games appears to be an activity that first engages young kids with the digital world,” said Anita Frazier, industry analyst, The NPD Group.  “Our study finds that 82 percent of kids ages 2-to-5 play games on one or more of the devices surveyed.”

Beberapa implikasi dari statistik ini adalah:

  1. Anak-anak memiliki akses cepat dan pilihan yang banyak untuk memuaskankesenangan pribadi mereka
  2. Dengan meningkatnya konvergensi media digital, maka anak-anak pun akan dengan cepat berpindah dari satu teknologi ke teknologi yang lain. Misalnya anak yang telah lancar bermain PS2, akan dengan mudah bermain dan belajar menggunakan games di komputer atau HP.
  3. Anak-anak memiliki banyak pilihan akan pengalaman yang dapat mengubah sikap dan pribadi mereka, mengingat mereka berada dalam umur yang mudah dibentuk

Bagaimana implikasi hal ini dalam pembentukan kepribadian anak? Positif atau negatif? Bagaimana menurut anda?

2 thoughts on “Peningkatan penggunaan digital media oleh anak-anak

  1. menurut saya :
    positif untuk kecepatan masuknya informasi, tapi harus dibarengin dengan sensor yang baik, dipilah-pilah mana yang baik.

    negatif untuk mata.. pak, sekarang anak saya 4tahun sudah silinder 2!🙂

  2. Untuk anak, apakah ada faktor turunan? Soalnya anak saya yang 5 tahun juga sedang keranjingan komputer – untuk game tentunya. Apakah anak juga banyak menonton TV?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s