Tugas Pembelajaran: Ringkasan

JANE VELLA adalah professor di School of Public Health of the University of North Carolina at Chapel Hill. dan CEO of Global Learning Partners, sebuah lembaga pelatihan dan pembelajaran. Dalam bukunya, Taking Learning to Task, Vella merumuskan bahwa pembelajaran seharusnya berupa serangkaian tugas yang diberikan kepada pembelajar, sehingga mereka dapat belajar dan menemukan pemahaman berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang telah dimilikinya. Tugas-tugas itu biasanya dibuat dalam bentuk pertanyaan terbuka, yang kemudian dicari jawabannya dan bersifat dialogis. Dalam mencari jawaban itu (pembelajaran), dibutuhkan serangkaian sumber daya yang bisa mendukung proses belajar seseorang, yang perlu dipersiapkan oleh fasilitator. Tentunya model pembelajaran ini akan semakin mengena dalam pembelajaran orang dewasa.

Asumsi Pembelajaran

  • Belajar yang efektif membutuhkan para pelajar yang memiliki kapasitas dan kemampuan untuk belajar mandiri
  • Belajar yang efektif membutuhkan keterlibatan aktif dari semua pihak
  • Belajar yang efektif membutuhkan adanya tanggung jawab dan akuntabilitas

Hasil:
Belajar yang efektif membutuhkan seperangkat sistem tugas belajar yang spesifik

Yang dibutuhkan dalam sistem tugas belajar:

  • Pertanyaan terbuka – bersifat dialogis
  • Sumber daya yang dibutuhkan

Perencanaan Sistem tugas belajar:

  • Siapa: orang-orang yang akan belajar
  • Mengapa: apa alasan mereka untuk belajar
  • Kapan: kapan dan berapa lama proses belajar terjadi
  • Di mana: tempat proses belajar terjadi
  • Apa (isi pengajaran)
  • Keterampilan (motorik)
  • Pengetahuan (kognitif)
  • Perasaan (afektif)
  • Untuk apa (tujuan-tujuan)
  • Bagaimana (sistem tugas belajar dan materi yang dibutuhkan)

Empat sistem tugas belajar:

  1. Induktif: tugas belajar yang menghubungkan pelajar dengan konteks mereka sendiri
  2. Input: tugas belajar yang mengajak mereka untuk mengamati dan mempelajari masukan yang baru – yang adalah isi dari pelajaran
  3. Implementasi: tugas belajar yang mengajak pelajar melakukan sesuatu yang berhubungan dengan pelajaran baru  (input)
  4. Integrasi: tugas belajar yang menyatukan pembelajaran yang baru dengan hidup mereka

2 thoughts on “Tugas Pembelajaran: Ringkasan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s