Renungan: Tugas dan Kuasa Orang Percaya

Bacaan: Mat 8:16-17; Mat 10:1

Ketika nabi Yesaya menubuatkan ayat-ayat di Yes 53, ia sedang memandang ke masa depan dan melihat seorang Pembebas yang akan menanggung penderitaan yang hebat walaupun Ia tidak bersalah. Namun justru lewat kesakitan dan penderitaan yang ditanggung oleh Mesias itu, kita sekarang mendapatkan kesembuhan dan keselamatan.
Dengan kuasa Roh Kudus Yesus berkarya dan melakukan 3 hal:

  • memberitakan kerajaan Allah,
  • menyembuhkan sakit penyakit dan kelemahan, serta
  • mengusir setan-setan


KuasaNya begitu nyata sehingga orang-orang berdatangan dari segala penjuru untuk menerima pelayanan-Nya. Dengan kuasa yang sama,  Yesus memberikan tugas kepada murid-murid-Nya, kepada ketujuh puluh murid yang lain, dan kepada sekitar lima ratus orang yang melihat-Nya setelah Ia bangkit dan kemudian naik ke surga. Mandat dan kuasa yang sama diberikan juga kepada semua orang percaya yang  menjadi murid Yesus, seperti yang dinyatakan dalam Mat 28:16-20.

Orang percaya telah mendapat kuasa dan mandat untuk melakukan tugas-tugas yang dikerjakan Yesus dan murid-muridnya, yang juga sudah dilakukan oleh orang-orang kudus sepanjang masa. Kenyataan yang ada, begitu banyak orang percaya yang hidupnya tidak memperlihatkan kuasa tersebut, di mana mereka hidup tanpa membagikan injil, hidup tanpa memulihkan orang-orang yang sedang dalam kelemahan, dan tidak berani melawan kuasa-kuasa jahat. Kita melihat begitu banyak orang percaya yang hidup dalam ikatan kuasa jahat, dan sebenarnya menderita di dalamnya.

Pertanyaan saat ini adalah apakah kita sudah melaksanakan tugas tersebut, dengan bersandar bukan pada kuasa kita, tetapi pada Roh Kudus yang menyertai kita dan kuasa Yesus yang menyertai kita sampai akhir zaman. Apakah hidup kita memperlihatkan kuasa Allah tersebut, dan menyatakan kuasa dan kasih Allah kepada orang-orang yang membutuhkan di sekeliling kita?

Renungan Pribadi

  • Ambil waktu untuk berdoa kepada Tuhan Yesus dan memohon agar Roh Kudus membuka hati anda saat menjawab pertanyaan-pertanyaan refleksi di bawah ini.  Jawablah setelah merenungkan pertanyaan ini.
  • Apakah anda sudah melihat kuasa dan kasih Allah secara nyata dalam hidup anda? Dalam hal apa?
  • Apakah anda merasa selama ini sudah menjadi saluran kuasa dan kasih Allah untuk melayani orang-orang yang membutuhkan di sekeliling anda?
  • Adakah kebiasaan-kebiasaan lama anda yang tidak baik (kehidupan daging) yang masih anda gumuli? Apakah anda merasa kuasa dan kasih Allah nyata dalam pergumulan tersebut?
  • Adakah pola-pola dosa yang menonjol yang dilakukan oleh keluarga besar anda? Yang berhubungan dengan okultisme, seksualitas, kejahatan dan kecanduan? Adakah pola tidak kudus dalam keluarga anda yang anda rasa masih melekat dalam kehidupan anda?

Dari Buku Kerja School Of Healing Level I, 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s