Renungan: Pertumbuhan

Bacaan:  Ef  4:11-16;  Mat 9:35-38

Yang menjadi kerinduan Allah adalah agar setiap orang percaya   “bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala” (Efesus 4:15). Artinya Allah rindu agar kita bertumbuh secara seimbang dalam segala hal, dan tujuannya adalah agar kita mengalami keserupaan dengan Kristus dalam manusia batiniah kita. Dan  walaupun pertumbuhan ini adalah pekerjaan Allah di dalam hidup kita, namun kita sendiri memiliki kewajiban untuk mempersiapkan diri kita sehingga Allah bisa bekerja dengan maksimal dalam diri kita.

Apa yang menjadi tugas kita dalam pertumbuhan ini? Kita sendiri perlu memiliki kehendak yang jelas untuk bertumbuh. Pertumbuhan adalah sesuatu yang harus diniatkan dengan sengaja. Pertumbuhan bukanlah sesuatu yang akan terjadi begitu saja dalam hidup kita, karena begitu banyak hal yang bisa menghalangi pertumbuhan tersebut. Dan setelah memiliki kehendak yang jelas, kita juga perlu tahu dalam hal apa kita perlu bertumbuh. Apabila Allah ingin kita bertumbuh secara seimbang dalam keseluruhan hidup kita, sementara tujuan yang ingin dicapai adalah keserupaan dengan Kristus, kita bisa yakin bahwa ada banyak hal yang perlu kita lakukan sebelum hal tersebut terjadi.

Artinya walaupun ada hal-hal yang sedang atau sudah dipulihkan oleh Allah, namun ada juga hal-hal lainnya yang belum dibukakan, atau perlu kita gumulkan dengan berat. Pemulihan adalah proses sepanjang kehidupan, sepanjang kita rindu untuk bertumbuh, dan sepanjang kita menemukan penghalang-penghalang baru dalam hidup kita.

Dan bukan saja kerinduan Allah agar kita dipulihkan, namun Ia juga akan memperlengkapi kita sehingga semua orang percaya mengalami proses yang sama. Bukan hanya anda dan saya yang membutuhkan pelayanan pemulihan ini, namun juga banyak orang percaya di keluarga, di gereja, di lingkungan, bahkan banyak orang di luar sana yang membutuhkan pelayanan yang memperlihatkan kuasa dan kasih Allah, dan membereskan penghalang-penghalang pertumbuhan dalam hidup kita. Apakah anda sudah merasakan pemulihan dari Allah? Rindukah anda untuk terus mengalami pemulihan dari-Nya? Rindukah anda juga untuk melayani orang lain sehingga mereka juga mengalami pembebasan dan pemulihan?


Refleksi Pribadi

Ambil waktu untuk berdoa kepada Tuhan Yesus dan memohon agar Roh Kudus membuka hati anda saat menjawab pertanyaan-pertanyaan refleksi di bawah ini.  Jawablah setelah merenungkan pertanyaan ini.

  • Apakah selama ini saya telah memberi waktu saya dengan sengaja untuk merenungkan dan mempraktekkan kehidupan yang bertumbuh?
  • Apakah saya telah melihat gereja saya sebagai tempat orang-orang yang terluka, namun pada saat yang sama adalah tempat di mana saya dapat mempraktekkan kasih karunia Allah?
  • Apa yang akan anda lakukan ketika kembali ke keluarga dan gereja dan melihat orang-orang yang terluka?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s