Doa: Kesembuhan dari emosi negatif

Tuhanku, engkaulah tempat perlindungan bagi orang yang terinjak, tempat perlindungan saat kesesakan. Orang yang mengenal nama—Mu percaya pada—Mu, sebab tidak Kau—tinggalkan orang yang mencari Engkau, ya Tuhan (Mzm 9:10—11). Bahkan ketika orang terdekat menolak saya, Engkau menyambut saya (Mzm 27:10), dan bahwa Engkau tidak akan membuang umat—Mu dan milik—Mu sendiri tidak akan Engkau tinggalkan (Mzm 94:14).

Tuhan, saya rindu agar Engkau mengangkat rasa takut (Mzm 27:1) dan rasa malu (Yoel 2:26-27) dari hatiku, sehingga saya bisa datang pada—Mu dengan apa adanya, dan melepaskan semua topeng-topeng yang biasa kupakai. Nyatakan dengan cara apa saya biasa bereaksi terhadap masalahku. Nyatakan dengan cara apa saya mencari kesenangan dan kenyamanan agar tidak merasakan rasa sakitku. Ingatkan apabila ada berhala-berhala dalam hidupku yang saya gunakan sebagai pelarianku, yang menghalangiku untuk datang kepada—Mu.

Tuhan saya mengaku bahwa saya sering menghakimi, menghukum dan menolak memberi pengampunan pada orang lain, seperti orang-orang Farisi (Yoh 8:7) padahal saya sendiri adalah orang yang masih melakukan dosa dan sering menipu diri sendiri (1Yoh 1:8), dan Engkau berfirman setiap orang yang menghakimi juga akan dihakimi (Mat 7:1-2). Saat ini saya berdoa agar Engkau mengingatkan mereka yang masih saya hakimi. Saya minta agar Engkau menyatakan apakah ada keinginan dalam hatiku untuk membalas dendam (Rom 12:19). Ingatkan juga jika saya sudah bersumpah dan memiliki pengharapan negatif tentang orang lain. Ampuni saya untuk penghakiman dan pembalasan dendam yang kurancang untuk mereka yang menyakiti saya.

Terima kasih Tuhan untuk kasihMu yang sungguh Kaucurahkan bagi saya dan semua orang percaya. Dalam nama Yesus saya berdoa Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s