Pembelajaran orang dewasa: Cara-cara

Beberapa ciri pembelajaran orang dewasa

  • ingin terus belajar, dan bukan sebaliknya, walaupun diakui dalam beberapa hal ada yang bisa menghalangi proses pembelajaran. Jelas ada banyak motivasi yang menggerakkan orang dewasa untuk terus belajar
  • termotivasi untuk belajar dari beberapa sumber: pencarian kenikmatan atau harga diri, pencarian jawaban dan pemenuhan kebutuhan yang dirasakan.
  • umumnya berorientasi masalah – mereka mencari pengetahuan untuk menjawab masalah yang nyata dalam hidup mereka
  • belajar mandiri – mereka ingin ikut berpartisipasi tentang bagaimana dan apa yang mereka pelajari.
  • memiliki rasa takut untuk gagal dalam konteks pembelajaran

Karenanya, diperlukan metodologi yang sesuai untuk pembelajaran orang dewasa.

Beberapa usulan yang ditawarkan adalah:

  • Harus dipersiapkan suatu wadah dan struktur yang sesuai dengan kebutuhan dan pembelajaran orang dewasa
  • Guru harus memperlihatkan dalam waktu yang relatif singkat bagaimana proses pembelajaran dapat memberikan keuntungan pada para peserta, apakah dalam memberi kesenangan, meningkatkan harga diri, menjawab pertanyaan yang sering diajukan orang dewasa, atau memberi jawaban bagi kebutuhan mereka.
  • Pembelajaran harus bersifat praktis dan sesuai dengan kebutuhan yang dirasakan oleh orang dewasa, baik yang bersifat pribadi maupun komunitas.
  • Pembelajaran haruslah memperlihatkan relevansinya dengan kehidupan orang-orang dewasa – di mana teori dan doktrin memiliki tempat yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.
  • Pembelajaran haruslah mengikutsertakan keaktifan dan partisipasi para peserta dewasa, baik dalam menentukan apa yang harus dipelajari, maupun bagaimana cara untuk mempelajarinya.
  • Pembelajaran haruslah mengupayakan agar para peserta dewasa dapat dianggap sebagai sumber daya pengetahuan dan pengalaman yang dapat ditimba dan digali. Guru bukanlah satu-satunya sumber pengetahuan dalam proses pembelajaran.
  • Pembelajaran perlu disusun untuk menjadi tempat yang aman bagi orang dewasa untuk bertumbuh. Atmosfir yang tidak mengancam, dengan kompetisi yang tidak membahayakan, ada kejujuran, kerendahan hati dan rasa hormat satu sama lain akan sangat membantu proses pembelajaran.

4 thoughts on “Pembelajaran orang dewasa: Cara-cara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s