Pembelajaran 02 Belajar Transformatif: Pengantar

Ada kebutuhan yang sangat besar saat ini untuk belajar. Seiring dengan pesatnya kemajuan peradaban, manusia pun semakin membutuhkan pengetahuan dan keterampilan, yang saat ini berkembang dengan sangat pesat. Ilmu dan metode yang semakin beragam dan terspesialisasi, sistem pendidikan yang semakin dibakukan memperlihatkan bagaimana kita menyikapi perubahan pada jaman ini.

Pada tingkat yang paling praktis hal tersebut diperlihatkan dalam sikap masyarakat kita akan pendidikan. Menjamurnya sekolah plus (dengan biaya plus), dipadatinya kegiatan anak dengan beragam aktivitas ekstra kurikuler dan les-les tambahan, dengan harapan anak-anak memiliki kemampuan ekstra dalam pelajaran sekolah, bahasa, musik dll., persaingan yang luar biasa dalam mendapatkan sekolah-sekolah favorit, menjamurnya lembaga pendidikan keterampilan, gonjang-ganjing masalah kurikulum, buku pegangan dan fenomena lainnya memperlihatkan harapan-harapan yang ditaruh masyarakat pada sistem pendidikan.

Namun seiring dengan meningkatnya pengharapan akan sistem pendidikan, baik formal maupun informal, meningkat juga kecaman yang ditujukan kepada sistem tersebut dan output yang dihasilkannya. Ada yang mengecam bahwa lulusan perguruan tinggi tidak siap pakai, yang dibalas dengan menyatakan bahwa memang lulusan perguruan tidak disiapkan untuk langsung dipakai, tapi untuk dibekali lebih lanjut secara spesifik sebelum bisa produktif di pekerjaan mereka. Ada yang mengecam beban yang terlalu besar yang diberikan kepada anak didik. Lainnya menyatakan ketidakpuasan akan hasil pendidikan seperti yang tercermin dalam kehidupan sosial dan masyarakat, seperti yang dinyatakan dalam karya-karya Ivan Illich, Paulo Freire dan Andreas Harefa.

Tulisan ini ingin mengangkat masalah belajar dari sudut pandang teologis, walaupun penerapannya adalah untuk seluruh kehidupan kita. Saya percaya bahwa ada satu kendala dalam pemahaman kita akan kata “Belajar” dan diperlukan suatu perubahan paradigma agar Belajar menjadi gaya hidup setiap orang percaya.

One thought on “Pembelajaran 02 Belajar Transformatif: Pengantar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s