Pembelajaran 01: Belajar untuk belajar #1

Pada tahun 1983, Departemen Pendidikan Amerika Serikat mengeluarkan laporan yang berjudul A Nation at Risk. Laporan tersebut menghubungkan kesulitan ekonomi yang diderita negara tersebut pada tahun 1970 dan 1980an dengan kekurangan/kelemahan yang terjadi pada sistem pendidikan Amerika Serikat. Pesan yang disampaikan laporan tersebut memperlihatkan bahwa sistem pendidikan yang ada saat itu merupakan  penghalang terciptanya perekonomian yang kuat, yang merupakan suatu hal yang terus dikejar oleh pemerintah. Hasilnya di satu sisi terjadi ketidakpercayaan pada sistem pendidikan nasional, namun di sisi lain ada dorongan kuat untuk melakukan reformasi dalam sistem pendidikan tersebut.

Point yang ingin saya tekankan adalah bagaimana laporan tersebut menghubungkan sistem pendidikan suatu negara dengan kualitas negara tersebut secara makro. Secara intuitif kita bisa menerima pernyataan di atas, karena kita bisa menghubungkan output dari sistem pendidikan tersebut dengan potensi sumber daya manusia suatu negara. Apabila kualitas sumber daya yang dihasilkan suatu sistem pendidikan bernilai buruk, maka dapat kita ramalkan, cepat atau lambat, negara tersebut mengalami stagnasi, kemunduran, atau bahkan kehancuran. Tidak mengherankan apabila laporan A Nation at Risk di atas memicu terjadinya reformasi besar-besaran dalam sistem pendidikan nasional di Amerika Serikat.

Bagaimana dengan Indonesia? Bahwa sistem pendidikan di Indonesia telah menjadi sorotan dan bahan kritikan tajam bukanlah berita baru lagi. Dan bicara tentang reformasi sistem pendidikan, orang bahkan bisa berkata bahwa setiap kali terjadi pergantian menteri pendidikan, maka akan terjadi reformasi atau bahkan revolusi dalam sistem pendidikan Indonesia, mulai dari sistem belajar mengajar, metode yang dipakai dan yang terpenting, kurikulum dan buku panduan pun dapat dipastikan mengalami perubahan. Bangsa ini tidak memiliki blueprint sistem pendidikan nasional yang baku, namun masih mencari-cari model yang dianggap sesuai.

Artikel ini adalah pergumulan pribadi tentang tantangan pendidikan yang terjadi di Indonesia, dan dampaknya bagi kelanjutan bangsa ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s