Perencanaan Workshop: Bagaimana membangun sebuah lokakarya yang efektif

Workshop adalah sebuah acara pembelajaran yang singkat dan intensif, dengan topik yang relatif sempit, dan biasanya menekankan pertukaran informasi, interaksi antar peserta, dan pembahasan yang sering bersifat tutorial dan cenderung teknis. Karena sifatnya yang lebih teknis, sering diberikan setelah ada pemberian informasi yang lebih menekankan teori, misalnya yang berbentuk seminar ataupun konferensi.  Misalnya kalau seminarnya tentang pentingnya business plan bagi UKM, maka workshopnya membahas tentang bagaimana cara membuat business plan yang baik dan menjual. Pembahasan lebih dalam terutama mengenai HOW TO, akan didapatkan dalam sebuah workshop. Penekanannya sering lebih ke arah aktivitas dan pengembangan keterampilan, dan banyak menggunakan prinsip-prinsip yang berhubungan dengan pembelajaran orang dewasa (andragogy).

 

Karakteristik kunci sebuah wokshop

  • Pembelajaran yang intensif dalam waktu relatif singkat
  • Interaksi dalam kelompok kecil
  • Keterlibatan yang aktif
  • Penerapan dari informasi/pembelaran yang diberikan
  • dirancang dengan tujuan pembelajaran yang spesifik dan sempit
  • Tujuan pembelajaran adalah perubahan tingkah laku terutama keterampilan yang baru

Kebutuhan peserta datang dalam sebuah workshop

  • sebagai kewajiban, baik oleh atasan maupun karena alasan sertifikasi dan kualifikasi
  • berinteraksi dengan sesama dalam topik tersebut
  • memiliki masalah atau kebutuhan khusus untuk topik yang sedang dibahas
  • ingin meningkatkan keterampilan dalam topik tersebut

Persyaratan bagi perencana dan fasilitator workshop

  • dapat mengenali kebutuhan peserta yang bermacam-macam dan menemukan jawaban yang sesuai konteks dalam perencanaan dan pemaparan sesi
  • fleksibel dan dapat beradaptasi dalam memberikan strategi pembelajaran
  • memiliki bermacam alat dan metode pembelajaran yang dapat digunakan secara tepat guna sesuai konteks peserta
  • memiliki dan memahami secara jelas tujuan workshop

 

Kunci pembelajaran orang dewasa

  • Tujuan dan hasil yang ingin dicapai dari pembelajaran tersebut.
  • Pembelajaran perlu berorientasi aktivitas, dan bukannya menghafal informasi
  • Pembelajaran perlu memperlihatkan relevansi ilmu dengan kehidupan sekarang.  Orang dewasa perlu tahu apa untungnya ilmu yang baru ini.
  • Pembelajaran didapatkan lewat pengalaman
  • Berpusat pada pengalaman yang berkualitas, dan bukannya kuantitas informasi
  • Pembelajaran diberikan dari yang kongkrit (nyata) menuju yang abstrak
  • Pembelajaran secara sosial

Sejak awal sesi, peserta  perlu mengetahui hasil yang diharapkan dari lokakarya ini dan mengapa penting bagi mereka untuk mencapainya. Tidak seperti peserta didik yang lebih muda, orang dewasa biasanya tidak termotivasi oleh nilai. Pembicara harus dengan jelas memperlihatkan tujuan pembelajaran lokakarya dan menjelaskan bagaimana peserta akan dapat menerapkan tujuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari (Birkenholz, 1999). Instruksi untuk orang dewasa harus dibangun dengan cara menyelesaikan tugas atau memecahkan masalah yang peserta hadapi. Peserta juga harus diberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman mereka sendiri sesuai topik yang dibicarakan. Hal ini membuat mereka terlibat dan memberikan contoh-contoh yang dapat digunakan untuk menggambarkan konsep-konsep kunci (tujuan) dari sesi lokakarya. Perancang workshop  perlu memusatkan untuk memberikan pengalaman belajar yang berkualitas.

Pembelajaran secara sosial

  • Peserta perlu didukung untuk membagikan pengalaman dan pemahamannya dengan orang lain
  • Peserta perlu didorong untuk belajar dari pengalaman dan pemahaman orang lain
  • Perlu direncanakan bentuk keterlibatan antara pembicara, fasilitator, peserta dan bahan-bahan
  • Perlu dirancang menjadi tempat yang aman bagi semua peserta

Langkah-langkah pembelajaran melalui pengalaman

  • Dalam sebuah workshop, penting bahwa peserta telah memiliki pengalaman  dengan topik tersebut, bahkan jika hanya minimal saja. Hal ini akan memberikan mereka pengalaman yang nyata, relevan dan dapat diterapkan yang bisa mereka refleksikan. Karena itu setelah diberikan informasi, maka pembelajaran dilanjutkan dengan memberikan penerapan dari konsep-konsep tersebut. 
  • Setelah memiliki pengalaman nyata, peserta perlu ditolong untuk merefleksikan pengalaman tersebut, dengan cara membahas: Apa yang terjadi, apa yang saya amati. Refleksi ini perlu dilakukan secara pribadi yang dilanjutkan dengan refleksi baik oleh kelompok kecil maupun kelompok besar. 
  • Setelah itu peserta perlu mengkonsepkan apa yang ia alami. Peserta perlu menjawab pertanyaan: Apa kesimpulannya. Lewat instruksi, pengamatan, pengalaman pribadi dan pengalaman orang lain maka peserta dapat mengembangkan pemahaman dan keterampilan yang baru.
  • Setelah itu peserta akan dapat menerapkan keterampilan tersebut dengan cara melakukannya secara mandiri dalam kehidupannya sehari-hari sambil terus dapat menkonsepkan pemahaman yang baru.

Jika  dirancang dan digunakan secara benar, workshop dapat menjadi pengalaman pembelajaran yang sangat baik dan memberi dampak yang besar bagi peserta. Adalah kewajiban dari perancang dan pembicara untuk memastikan bahwa semua karakteristik workshop dapat dialami dalam pembelajaran, dan bahwa dasar-dasar pembelajaran orang dewasa ini dapat dimaksimalkan sehingga memberikan pengalaman yang positif, baik bagi peserta maupun pembuat acara.

 

Artikel terkait:

Asumsi Pengembangan dan Pembelajaran Pribadi

Pembelajaran orang dewasa: Ciri-ciri

Pembelajaran orang dewasa: Cara-cara

 

 

Tugas Pembelajaran: Ringkasan

 

 

Tugas Pembelajaran: Strategi Pengajaran Orang Dewasa

Tugas Pembelajaran: Definisi dan Asumsi

About these ads

4 thoughts on “Perencanaan Workshop: Bagaimana membangun sebuah lokakarya yang efektif”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s