Pemulihan: 8 kebiasaan baik bagi suami dengan istri yang terluka

Pelayanan Pemulihan: kebiasaan baik suami dengan istri yang terluka

Pengalaman dalam pernikahan pribadi, serta pelayanan kepada banyak pasangan yang bermasalah menguatkan kesadaran ini: kebanyakan pernikahan adalah bersatunya dua pribadi yang terluka. Dan luka-luka yang dibawa sebelum pernikahan biasanya melukai pasangan kita, yang kemudian pada gilirannya akan tambah melukai diri kita. Ini menjadi semacam siklus, di mana kelemahan satu orang memperburuk kelemahan pasangannya dan begitu terjadi terus-menerus.
Karenanya penting bagi suami atau istri untuk memiliki keterampilan memutuskan lingkaran setan ini. Tentu saja pemulihan luka adalah hal yang harus dilakukan agar kualitas pernikahan semakin baik. Namun suami atau istri  juga perlu belajar untuk memperlakukan pasangannya dengan cara yang kudus, sehingga tidak menambah atau memperparah luka, namun justru dapat mengambil porsi dalam pemulihan pasangan kita.
Tips di bawah ini, yang diambil dari artikel ini, memberikan tips-tips bagi suami untuk memperlakukan istri dengan cara yang dapat memulihkan lukanya.

  1. Bersabar - pemulihan dan kesembuhan tidak terjadi dalam semalam. Belajar untuk bersabar akan memberikan hasil yang maksimal!
  2. Mengasihi istri – ia perlu tahu dan merasakan bahwa ia adalah manusia yang paling penting dalam hidup suaminya
  3. Bersikap romantis - setiap wanita akan memiliki kebutuhan yang berbeda untuk diperlakukan dengan spesial.. tapi semua wanita pasti akan merasa senang jika suami mau memberikan waktu,hati, pikiran, tenaga dan uang (!) untuk memperlakukan istri dengan cara yang berbeda
  4. Berkata bijak - bukan hanya mempertimbangkan secara logika arti dari kata-kata kita, namun juga memikirkan apa dampaknya bagi perasaan istri
  5. Berkomunikasi dengan caranya sendiri – dan bukan dengan apa yang kita anggap benar
  6. Memberikan kepastian - wanita perlu mendapatkan jaminan dan kepastian dari orang yang dicintainya. Mereka membutuhkan jaminan rasa aman – dan suami perlu memastikan bahwa istri berada dalam kondisi yang aman dan nyaman secara fisik dan emosional
  7. Menyatakan kebenaran - tentu dengan cara yang lembut dan penuh kasih
  8. Lakukan terus – bahkan ketika kita para suami telah gagal. Ataupun ketika telah memberi yang terbaik kepada istri, namun dianggap belum cukup. Percayalah, ketika kita bertekun, kita juga yang akan merasakan nikmatnya memiliki istri yang dipulihkan.

Isteri yang cakap adalah mahkota suaminya, tetapi yang membuat malu adalah seperti penyakit yang membusukkan tulang suaminya (Amsal 12:4)

Bagaimana menurut anda? Adakah yang perlu ditambahkan dalam daftar ini?

Artikel yang berhubungan:

10 kalimat Cinta yang wajib diutarakan pada seorang anak

25 cara membangkitkan kemarahan anak

12 hal yang biasa dilakukan oleh keluarga yang sehat

6 ciri keluarga yang kuat dan sehat

Technorati Tags: , , , , , , ,

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s