Kesejahteraan 05.1 Dasar-dasar Pernikahan Kristen

Pernikahan akan menjadi langgeng dan membawa kebahagiaan bagi kita jika dilandasi dengan prinsip-prinsip yang benar. Tulisan-tulisan di bawah ini membahas tentang prinsip-prinsip pernikahan, yaitu tentang meninggalkan dan bersatu.

Kesejahteraan 05: Meninggalkan dan Bersatu sebagai dasar pernikahan
05.1 Pemahaman tentang tentang dasar pernikahan Kristen
05.2 Pemahaman tentang Meninggalkan
05.3 Pemahaman tentang  Bersatu
05.4 Bagaimana cara meninggalkan & bersatu

Keluarga merupakan sebuah kelompok yang paling penting bagi seorang manusia, karena dari situlah ia berasal dan dibentuk. Keluarga sangat penting di mata Allah, karena Ia sendiri yang merancang, memberkati dan memberi tujuan-tujuan yang baik bagi setiap keluarga. Kenyataannya banyak keluarga Kristen yang tidak membawa damai dan sukacita bagi anggota keluarga tersebut. Karenanya penting bagi setiap orang yang mempersiapkan diri dalam berkeluarga, serta mereka yang sudah memiliki keluarga untuk belajar prinsip-prinsip ilahi tentang keluarga sebagai dasar untuk memiliki keluarga yang membawa sukacita.

Pembahasan kali ini adalah tentang konsep meninggalkan dan bersatu, yang dinyatakan di Kej 2:24 ““Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging,” yang diulang dengan bentuk yang sama dalam Matius 19:5, Mar 10:7 dan Efesus 4:31. Pengulangan ini menekankan pentingnya konsep meninggalkan dan bersatu sebagai sebuah dasar pembentukan keluarga. Ada beberapa prinsip tentang keluarga yang dapat kita telaah dari ayat tersebut.

Keluarga dibentuk berdasarkan rancangan Allah
Kej 2:24 dimulai dengan kata “sebab itu”, yang merujuk pada ayat sebelumnya, bahwa Allah menciptakan laki-laki dan perempuan. Ketika Allah menciptakan laki-laki dan perempuan, ada beberapa hal yang sedang dirancang Allah, yaitu:

  1. Agar manusia hidup dalam komunitas, dan bukannya dalam kesendirian dan kesepian. TUHAN Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.” (Kej 2:18)
  2. Bahwa manusia akan menjadi pengelola bumi ciptaan (Kej 1:26)
  3. Bahwa manusia akan bertambah banyak dalam berkat Allah (Kej 1:28)

Arti penting bagi kita sekarang adalah dengan jika kita memulai sebuah keluarga, yang menjadi pertimbangan paling utama bagi kita adalah apa yang menjadi rancangan Allah buat kita secara spesifik.

Keluarga terdiri dari seorang laki-laki dan perempuan yang bersatu
Pernikahan Kristen adalah perjanjian yang bersifat permanen antara seorang laki-laki dan perempuan. Sifat-sifat pernikahan Kristen adalah: monogami, eksklusif (tidak ada tambahan lagi), dan tetap, sepanjang hidup, seperti yang tertulis pada Markus 10:9, “Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia” (lihat juga Rom 7:1).

Artinya bagi kita saat ini adalah agar setiap orang memasuki pernikahan dengan komitmen untuk melakukan perjanjian bersama pasangan hidup di hadapan Allah untuk memiliki pernikahan yang monogami, eksklusif dan permanen.

Keluarga dimulai dari seorang yang sudah dewasa
Ada tahap yang harus dilalui seseorang sebelum dapat membangun keluarga, yaitu meninggalkan keluarga yang mula-mula. Syarat seseorang yang layak meninggalkan keluarga yang mula-mula adalah bahwa ia sudah dewasa. Dewasa ini dinyatakan sebagai kematangan dan kesiapan secara fisik, kejiwaan, kerohanian dan kemandirian. Sering pernikahan menjadi hancur karena suami dan istri yang tidak dewasa.

Artinya bagi kita saat ini adalah pentingnya untuk mempersiapkan diri dalam membentuk keluarga, dan persiapan itu bukanlah persiapan tentang upacara pernikahan. Implikasi kedua adalah bahwa anak-anak terikat pada keluarga asal hanya sementara, sampai ia mandiri dan harus membentuk keluarga sendiri yang harus menjadi prioritas yang baru baginya.


About these ads

15 thoughts on “Kesejahteraan 05.1 Dasar-dasar Pernikahan Kristen”

  1. Shalom…INDAH CARY SERVICE EXCLUSIVE CAR RENTAL
    Jakarta : jl.Empang III Batu merah III No.15 Pejaten Jakarta Selatan
    Tlp.021-79181421 ,Fax.021-79181421 ,021-96679918 ,021-68900351 http://www.ics-rental.co.cc

    Mengajak kerjasama untuk pengadaan mobil pengantin,adapun kendaraan yg ada dari jenis MERCY,ALPHARD,JAGUAR,,VOLVO,NEW CAMRY dan masing-masing type dan tahunnya .sebelum dan sesudahnya kami mengucapkan terimakasih.

  2. Rumah tangga dimulai dari hati Allah. Allah berinisiatif untk membgn rt. Manusia menerima perempuan dgn kasih, kesetaraan,kesatuan dan kebersamaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s